JawaPos Radar | Iklan Jitu

Risma Minta Pelayanan One Day Service E- KTP Dibenahi

12 Juli 2018, 05:50:59 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini
ARAHAN: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengarahkan para petugas Dispendukcapil di Gedung Siola untuk bekerja secara paralel, Rabu (11/7). (Aryo Mahendro/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.comWali Kota Surabaya Tri Rismaharini kembali melakukan sidak di pelayanan one day service Dispendukcapil di Gedung Siola, Rabu (11/7).

Hasilnya meski antrean sudah tidak begitu mengular seperti pada sidak sebelumnya, namun Risma tetap memperhatikan kinerja pegawai Dispendukcapil dalam melayani warga.

"Yang rekam, cetak dan aktivasi e-KTP langsung diarahkan ke loket 15," kata Risma di kantor Dispendukcapil, Rabu (11/7). 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dispendukcapil Surabaya Suharto Wardoyo mengatakan, warga yang mengajukan permohonan cetak e-KTP langsung diarahkan ke bagian informasi. Tujuannya untuk mengecek nomer induk kependudukan (NIK) dan status permohonan e-KTP.

"Kalau hasilnya pengecekan NIK mengatakan bahwa data perekaman sudah siap cetak, maka warga akan langsung diarahkan ke loket 15," kata Suharto.

Loket 15 itu melayani cetak dan aktivasi e-KTP. Aktivasi e-KTP dilakukan dengan rekam sidik jari atau finger scan. Sementara, untuk proses pencetakannya, Dispendukcapil bersiaga dengan dua printer. 

"Jadi, yang bersangkutan harus datang sendiri untuk mengaktivasi e-KTP. Ya, ini inovasi One Day Service yang hari ini diterapkan," jelas pria yang akrab dipanggil Anang itu. 

Lebih lanjut, Anang menambahkan sistem layanan One Day Service akan diterapkan hingga seminggu ke depan. Selain itu, pihaknya juga menerapkan layanan itu di 14 kecamatan. 

Anang tidak menyebut kecamatan mana saja. Hanya, dia memastikan kecamatan tersebut sudah memiliki alat cetak.  "Jadi bagi warga yang siap cetak akan dilayani sehari jadi. Kami juga buka 24 jam mulai hari ini hingga seminggu ke depan," katanya.

(HDR/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up