JawaPos Radar | Iklan Jitu

Rail Clinic Fasilitasi Warga di Sleman Untuk Periksa Kesehatan

12 Juli 2018, 20:51:28 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Rail Clinic Fasilitasi Warga di Sleman Untuk Periksa Kesehatan
RAIL CLINIC: Warga di sekitar Stasiun Patukan, Kecamatan Gamping, Sleman menggunakan layanan Rail Clinic pada Kamis (12/7). (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Rail Clinic milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus dimaksimalkan untuk melayani masyarakat. Rail Clinic memberikan pelayanan kesehatan di Stasiun Patukan, Kecamatan Gamping, Sleman, Kamis (12/7). Sebelumnya di Stasiun Jenar Kabupaten Purworejo Jawa Tengah, Selasa (10/7).

Manager Humas PT KAI Daop VI, Eko Budiyanto mengatakan, pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara gratis di Stasiun Patukan memakai Rail Clinic generasi ke-4.

"Ada gerbong untuk layanan kesehatan dan gerbong sebagai perpustakaan (Rail Library). Pelayanan kesehatan ini diberikan secara gratis," katanya, dalam keterangan tertulis, Kamis (12/7).

Pelayanan kesehatan yang diberikan meliputi pemeriksaan umum, gigi, cek kehamilan, pemeriksaan laboratorium, serta pelayanan kefarmasian. Sedangkan di dalam Rail Library, terdapat perpustakaan manual dengan beragam buku bacaan anak sampai dewasa.

Selain itu, tersedia pula fasilitas e-library yang dilengkapi enam buah monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif, serta lagu anak-anak. "Untuk mendapatkan layanan kesehatan di Rail Clinic ini, masyarakat hanya diminta untuk menunjukkan kartu undangan yang sebelumnya sudah diberikan terlebih dahulu," ucapnya.

Dalam pelayanan yang diberikan, pihaknya telah bekerja sama dengan Muspika setempat. Untuk menyampaikan ke 300 undangan kepada masyarakat, terutama yang tempat tinggalnya tak jauh dari stasiun.

Adanya hubungan yang berkesinambungan ini pun, pihak juga berharap masyarakat juga ikut berperan menjaga keamanan di lingkungan KAI.

"Kepada masyarakat yang tinggal berdekatan dengan stasiun atau rel kereta api, kami harapkan untuk ikut menjaga keamanan perjalanan kereta api dan aset-aset yang menjadi milik PT KAI," lanjut Eko.

Eko juga menyebut sampai saat ini PT KAI memiliki 4 kereta kesehatan atau Rail Clinic yang beroperasi di wilayah Sumatera dan Jawa. Untuk 3 kereta kesehatan sebelumnya sudah disebar ke Medan, Palembang, dan Tanjung Karang.

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up