JawaPos Radar

KPU Kabupaten Malang Siapkan Tim untuk Tangani Pendaftaran Bacaleg

12/07/2018, 19:16 WIB | Editor: Yusuf Asyari
KPU Kabupaten Malang Siapkan Tim untuk Tangani Pendaftaran Bacaleg
Santoko, Ketua KPU Kabupaten Malang. (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - KPU Kabupaten Malang siapkan tim khusus untuk tangani pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg), di Pileg 2019 mendatang. Tidak tanggung-tanggung, lima tim help desk disiapkan untuk antisipasi kedatangan pengurus partai dalam waktu yang bersamaan.

Lokasi pendaftaran, dipusatkan di gedung DPRD Kabupaten Malang. Sudah dibuka sejak 4 Juli hingga 17 Juli mendatang. Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko menjelaskan, satu tim akan dikawal oleh enam orang.

Tim ini diharapkan akan bisa menjadi personel yang bisa melakukan pencocokan dan penelitian terhadap para Bacaleg yang didaftarkan masing-masing partai.

Meskipun peminat masih terpantau sepi, Santoko menegaskan, akan tetap melakukan upaya-upaya antisipasi. Terutama agar tidak timbul mal administrasi.

Bentuk antisipasi KPU, lanjut bapak tiga anak itu, gedung Tumapel di kantornya juga sudah diubah sehingga bisa representatif untuk menerima kehadiran pendaftar.

"Kami siapkan Tim khusus ketika para parpol mendaftarkan dan input data dalam waktu yang bersamaan," kata Santoko, Kamis (12/7).

Batas waktu pendaftarannya praktis tinggal lima hari lagi. KPU mengimbau agar masing-masing partai segera mendaftarkan bacalegnya masing-masing. "Namun semuanya kembali ke masing-masing-masing partai," tandas Santoko.

Pendaftaran dibuka sejak 4 Juli 2018 lalu dan batas akhir pada tanggal 17 Juli 2018 pukul 24.00. Sesuai Peraturan KPU pelayanan pendaftaran mulai tanggal 4 Juli hingga 16 Juli setiap hari pukul 08.00-16.00. Hanya tanggal 17 Juli 2018 saja yang pelayanannya mulai pukul 08.00-24.00.

Beberapa waktu lalu, Ketua DPC PDIP Kabupaten Malang, Hari Sasongko juga telah menegaskan bahwa PDIP besar kemungkinannya akan mendaftar pada saat hari-hari akhir pendaftaran lantaran test penjaringan yang dilakukan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP sampai kini juga belum selesai.

Namun yang paati DPC PDIP Kabupaten Malang telah menjaring 70 orang. Menurut Sasongko, dari 70 orang itu nantinya oleh DPP akan ditentukan 50 orang yang tes-nya sampai kini sedang berlangsung secara on-line.

Menunggu keputusan DPP juga bukan menjadi alasan PDIP saja, sebab PKB pun juga demikian.

"Kami masih menunggu instruksi dari DPP untuk pendaftaran itu. Kami sendiri sebenarnya sudah siap," kata Ketua LPP PKB Kabupaten Malang, Abdullah Satar SE.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up