JawaPos Radar

Korban Timbunan Sampah Belum Ditemukan

12/07/2018, 19:35 WIB | Editor: Budi Warsito
Korban Timbunan Sampah Belum Ditemukan
Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri (Fiska Tanjung/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Tim SAR gabungan Basarnas, TNI/Polri, Dinas Kesehatan, BPBD dan elemen lain masih berusaha menemukan pemulung yang tertimbun tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang di Kelurahan Mulyorejo, Kota Malang. Kondisi medan yang curam, masih menjadi kendala dalam proses pencarian.

Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri mengatakan, setelah dilihat di lokasi longsor, rupanya kemiringan tebing sekitr 70 derajat. "Saat lihat di TKP, tingkat kemiringannya cukup curam," ujar AKBP Asfuri, Kamis (12/7).

Oleh karena itu lanjut Asfuri, seluruh tim turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan agar bisa mengetahui langkah yang aman ketika pencarian. "Tumpukan sampah diatas digeser, tarik, dan ratakan, sehingga kemungkinan longsor dari atas sudah tidak ada," jelasnya.

Namun, pihaknya tetap melakukan antisipasi karena di lereng ini masih ada tumpukan sampah antara 5-7 meter tingginya. "Tanahnya labil, (banyak) tumpukan sampah. Kalau tim salah berpijak bisa longsor," kata dia.

Asfuri mengatakan, saat ini pencarian dilakukan secara manual. Mengingat susahnya akses masuk bagi alat berat ke area lokasi. "Alat berat susah masuk. Kalaupun bisa masuk, butuh waktu tiga hari. Harus dibuatkan tumpukan tanah dulu," terangnya.

Dari hasil pencarian dari pagi, tim pencari hanya menemukan keranjang sampah milik korban yang terletak sekitar 10 meter dari lokasi longsor. Titik longsor sendiri diprediksi sejauh 100 meter dihitung dari atas hingga bawah.

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up