Kemenpar Catat Kunjungan Wisatawan Asing ke Indonesia Capai 6,5 Juta

12/07/2018, 18:45 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Kawasan Pariwisata Kemenpar, Anang Sutomo (dua dari kiri) saat memberikan keterangan pers ()
Share this

JawaPos.com - Sejak awal tahun, Kementrian Pariwisata (Kemenpar) mencatat wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia mencapai 6,5 juta. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu.

Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Kawasan Pariwisata Kemenpar, Anang Sutomo mengatakan, berdasarkan data Kemenpar bahwa pertumbuhan wisatawan asing ke Indonesia terus mengalami peningkatan. Besarannya mencapai 21 persen.

Hal ini karena pemerintah terus fokus dalam membenahi pariwisata terutama menjelang Asian Games. Tahun ini, Kemenpar juga menargetkan wisatawan yang berkunjung ke Indonesia sebanyak 17 juta wisatawan.

"Kami optimis target ini dapat tercapai," katanya saat ditemui di Poltekpar Palembang, Kamis (12/7).

Saat Asian Games mendatang, Kemenpar memprediksi jumlah wisatawan yang datang yakni sekitar 50 ribu wisatawan asiang meliputi Atlet, Official dan Jurnalis.

Ditambah lagi, pihaknya juga bakal melakukan konferensi internasional yakni One Belt, One Road, One Tourism (OBOROT). Konferensi ini bakal diikuti oleh beberapa negara se-dunia.

"Dengan adanya konferensi ini maka dapat dikenalkan ke seluruh dunia," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Palembang, Isnaini Madani menambahkan, untuk di Sumsel pihaknya telah membentuk tim gabungan dari Pemkot dan Pemprov Sumsel untuk menyiapkan destinasi wisata menjelang Asian Games.

"Saat ini yang sudah siap ada 13 destinasi wisata," katanya.

Selain itu, untuk meningkatkan wisata di Sumsel pihaknya juga akan bekerja sama dengan KPI, Asita dan Inasgoc untuk berkoordinasi waktu yang tepat agar para atlet dan official dapat melihat keindahan 13 destinasi wisata tersebut.

"Kami harap 13 destinasi wisata yang dijual ini mampu menarik wisatawan asing lainnya," tutupnya.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi