JawaPos Radar | Iklan Jitu

Harga Telur Naik, Disperindag Batam Segera Lakukan Sidak

12 Juli 2018, 21:31:39 WIB | Editor: Budi Warsito
Harga Telur Naik, Disperindag Batam Segera Lakukan Sidak
Kabid Perdagangan Disperindag Kota Batam, Adisthy (Boni Bani/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Stabilitas harga yang terjadi pada momen puasa dan lebaran 2018 lalu, mulai mengalami pergerakan. Harga pangan yang sebelumnya stabil mulai merangkak naik.

Salah satu komoditas pangan yang mengalami kenaikan signifikan adalah telur. Dimana pada momen lebaran, harga telur berada dikisaran Rp 40 ribu. Namun, saat ini di 4 pasar utama di Batam, harga telur mengalami kenaikan yang bervariasi.

Di Pasar Puja Bahari, Batam Centre dan di Pasar Melchem, Kecamatan Batu Ampar, harga telur 1 papan (30 butir) berada di angka Rp45 ribu. Sementara di Pasar Penuin, Kecamatan Lubuk Baja, harga telur mencapai Rp 46 ribu. Sedangkan di Pasar Mega Legenda, Batam Centre, harga telur berada dikisaran harga Rp43 ribu.

Kepala Bidang (Kabid) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Adisthy mengatakan, informasi yang di dapat dari pedagang, tingginya harga telur sudah didapat sejak berada di tangan distributor.

Saat ini, harga yang harus di bayarkan ke distributor untuk 1 papan telur berkisar di antara Rp 42 ribu sampai Rp43 ribu. Kondisi ini memaksa para pedagang menaikan harga jual kepada masyarakat.

"Kita sudah kroscek ke pedagang, dan memang harganya sudah tinggi mulai dari distributor, jadi mau tidak mau terpaksa dinaikan," kata Adisthy ketika dihubungi pada Kamis (12/7).

Atas kenaikan ini, Adisthy mengatakan, pihaknya akan segera melakukan pemantauan langsung dilapangan. Hal ini dilakukan, guna mengetahui secara pasti penyebab meroketnya harga telur.

Sebelum turun ke distributor, pihaknya akan melakukan rapat internal untuk menentukan langkah-langkah agar stabilitas harga kembali terjaga. Walaupun kenaikan signifikan baru terjadi pada jenis pangan telur, pihaknya tetap akan memantau kemungkinan terjadinya lonjakan kenaikan harga pada jenis pangan lainnya.

"Kita juga akan pantau kemungkinan kenaikam harga pada jenis pangan lain, seperti sayuran, beras dan sejenisnya. Saat ini agenda kita masih koordinasi untuk menentulan langkah-langkah antisipasi kenaikan harga," kata Adisthy lagi.

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up