JawaPos Radar | Iklan Jitu

Harga Cabai Rawit Setan Naik Hampir 100 Persen

12 Juli 2018, 20:03:56 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Cabai Rawit
Sriyati, 40, salah satu pedagang bawang dan cabai di Pasar Johar, Semarang. (Tunggul Kumoro/jawapos.com)
Share this

JawaPos.com - Harga bahan pangan di Pasar Johar, Semarang, relatif stabil usai Lebaran. Namun tidak dengan cabe rawit setan yang justru naik hingga hampir 100 persen.

Kini, harga cabai rawit setan pada kisaran Rp 40 ribu per kg. Bahkan beberapa hari lalu harganya sempat mencapai Rp 45 ribu per kg. Padahal sebelum Lebaran kemarin, harga cabai rawit setan hanya Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu per kg.

"Tepatnya mulai naik sejak seminggu lalu. Kalau saya bilang naik turun tadi, ya itu pada kisaran harga tinggi," kata Sriyati, 40, pedagang sayur di Pasar Johar, Semarang, Kamis (12/7).

Sriyati mendapat barang dari pemasok asal Muntilan, Wonosobo, Temanggung, dan Bandungan. Dia kurang tahu soal alasan menanjaknya harga cabai rawit setan. Diduga, datangnya musim kemarau sebagai faktor utamanya.

Situasi yang sama juga dialami Sisri, 42, pedagang di Pasar Tradisional Peterongan. Warga Pandansari ini menyebut tiap harinya harga cabai rawit setan bisa naik turun hingga Rp 2 ribu.

Dengan meroketnya harga cabai rawit setan yang hampir dua kali lipat, jumlah pembeli semakin sedikit. Kondisi tersebut bermula dari pengiriman oleh pemasok.

"Pemasoknya dari Temanggung. Mereka kan juga mengirim ke Jakarta. Nah, kalau waktu ngirim ke Jakarta itu jadinya yang ke Semarang sedikit. Padahal permintaan banyak. Jadinya mahal," imbuhnya.

Sementara menurut pantauan JawaPos.com di kedua pasar tersebut, harga cabe keriting hijau masih normal. Yakni, Rp 15 ribu per kg. Sedangkan cabagi keriting merah Rp 27 ribu per kg. Sedangkan untuk bawang putih dan bawang merah stabil pada kisaran Rp 18 ribu per kg.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up