JawaPos Radar

30 Juli, Jokowi Akan Resmikan PLTP Sarulla

12/07/2018, 14:33 WIB | Editor: Bintang Pradewo
30 Juli, Jokowi Akan Resmikan PLTP Sarulla
General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Sumut Feby Joko Priharto. (Prayugo Utomi/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sarulla, di Kabupaten Tapanuli Utara sudah rampung. Pembangkit itu kini bisa memasok 330 Megawatt (MW).

Pembangkit itu juga rencananya akan diresmikan dalam waktu dekat. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan meresmikannya.

"Akan resmikan Bapak Jokowi sedang dikoordinasikan saat ini di sekretariat Presiden. Dijadwalkan pada 30 Juli ini direncanakan dan kita masih menunggu bapak Presiden untuk meresmikan Salulla," ucap General Manager PT PLN (Presero) Wilayah Sumatera Utara Feby Joko Priharto, Kamis (12/7).

Dengan beroperasinya Sarulla semakin memaksimalkan daya listrik di Sumut. Jokowi dijadwalkan akan meresmikan pembagkit Sarulla 1,2 dan 3. Masing masing memasok 110 MW.

Ketersediaan listrik yang sudah surplus di Sumatera Utara membuat industri semakin menggeliat di Sumut. PLN juga baru melaksankan penandatanganan nota kesepemahaman dengan Kawasan Industri Medan (KIM) V.

Beroperasinya Sarulla juga semakin memastikan keandalan listrik di Sumut. "Kami mendorong konsumsi energi di Sumut, untuk Bisnis dan perumahan. Makanya harus ada tingkat kepercayaan. Kita bekerja keras dan penuh tanggung jawab mewujudkan itu. Tentu ini mendorong perkembangan ekonomi di Sumut," katanya.

Hingga saat ini Kapal Marine Vessel Power Plant (MVPP) Onur Sultan masih berada di Belawan. Kapal itu juga mampu memasok hingga 480 MW. Namun daya yang disalurkan masih 240 MW.

(pra/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up