alexametrics

Selanggarakan Mudik Gratis, ‎PDIP: CerminanTradisi Gotong Royong

12 Juni 2018, 14:08:59 WIB

JawaPos.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyelenggarakan mudik gratis bagi masyarakat. Peserta mudik ini dilepas langsung oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Dalam sambutannya Puan mengatakan, mudik gratis ini terdiri dari 143 bus. Ratusan armada ini ditujukan ke daerah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

“Mudik gratis pada tahun ini terdiri daro 143 busa yang terdiri dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur,” ujar Puan di DPP PDIP, Jalan Lenteng Agung, Jakarta, Selasa (12/6).

Selanggarakan Mudik Gratis, ‎PDIP: CerminanTradisi Gotong Royong
Ketua DPP PDIP Puan Maharani saat berbincang dengan peserta mudik gratis. (Miftahul Hayat/Jawa Pos)

Sebagian peserta yang ikut mudik menginginkan bisa difasilitasi pergi dan pulang. Mendengar keinginan peserta mudik, Puan mengaku akan mempertimbangkan usulan dari peserta mudik tersebut.

“Nanti kita pertimbangkan, masalahnya kalau PP ini ngumpulinnya mereka itu, kampungnya beda-beda, desanya beda-beda kemudian di mana titik temunya itu,” katanya.

Terpisah, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya konsisten selama 15 tahun mampu menyelenggarakan tradisi mudik Lebaran.

“Tradisi mudik ini telah dijalankan sejak tahun 2003. Mudik hari ini diikuti oleh 8.104 orang dengan menggunakan armada bus dan sebanyak 725 orang melalui kereta api yang diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen secara bertahap,” katanya.

Hasto menegaskan, mudik tidak hanya peristiwa kultural menjelang Idul Fitri. Mudik sekaligus dimaknai sebagai peristiwa yang menggambarkan tradisi gotong royong yang hidup dalam masyarakat.

Dia menambahkan, semua ingin membangun silaturahmi di Hari Raya Idul Fitri tersebut. Oleh karena itu, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pun meminta agar seluruh jajaran secara konsisten dapat menyelenggarakan mudik gratis tersebut sebagai pembumian semangat keluargaan.

“Di banyak tempat strategis, kader PDIP secara swadaya membuat Posko Gotong Royong untuk membantu para pemudik,” ungkap Hasto.

Kegiatan mudik Lebaran dengan menggunakan moda transportasi kereta api sekaligus sebagai dukungan kepada pemerintah Joko Widodo (Jokowi), terhadap pengembangan transportasi massal yang aman dan terkelola secara profesional tersebut.

PDIP meyakini bahwa mudik Lebaran tahun ini akan semakin lancar dan aman. Sebab pemerintahan Jokowi secara khusus telah menyiapkan sistem transportasi massal yang makin bagus dengan pembangunan infrastruktur yang begitu masif dan gencar.

“Kami yakin mudik tahun ini paling lancar dalam 30 tahun terakhir,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (gwn/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Selanggarakan Mudik Gratis, ‎PDIP: CerminanTradisi Gotong Royong