alexametrics

Polda Jogjakarta Panggil Orang Tua Pelaku dan Korban Klitih

12 April 2022, 23:35:40 WIB

JawaPos.com–Polda Jogjakarta akan memanggil orang tua pelaku dan korban klitih atau aksi kejahatan jalanan di Jalan Gedongkuning Jogjakarta pada Minggu (3/4) dini hari. Kejadian itu merenggut satu korban jiwa.

”Kami akan memanggil orang tua dari korban dan pelaku untuk dimintai keterangan. Apakah setidaknya mereka mengetahui anak-anak keluar rumah atau kos pada waktu yang sudah sangat larut,” kata Direskrimum Polda Jogjakarta Kombespol Ade Ary Syam Indriadi seperti dilansir dari Antara di Jogjakarta, Selasa (12/4).

Selain orang tua, kepolisian akan memanggil guru atau kepala sekolah untuk dimintai keterangan. Menurut Ade Ary Syam Indriadi, keterangan dari orang tua dan guru akan menjadi informasi penting bagi kepolisian untuk penanganan kasus kejahatan jalanan atau klitih agar tidak kembali terulang di masa yang akan datang.

Menurut dia, aksi kejahatan jalanan tersebut dikategorikan sebagai tawuran karena dilakukan dua kelompok. ”Kebetulan saja salah satu kelompok lebih siap dan kemudian menjadi pelaku. Sedangkan kelompok yang tidak siap menjadi korban,” papar Ade Ary Syam Indriadi.

Ade menyebut, kondisi bisa berbalik 180 derajat sehingga kedua kelompok memiliki potensi yang sama untuk berubah menjadi pelaku atau menjadi korban. Dia memastikan korban aksi kejahatan jalanan bukan korban acak tetapi menjadi bagian dari salah satu kelompok.

Sementara itu, lima pelaku aksi kejahatan jalanan di Jalan Gedongkuning yang sudah tertangkap seluruhnya tidak lagi dikategorikan sebagai anak. Sebab, mereka berusia 18–21 tahun.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: