alexametrics

5 Daerah di Jatim Ini Dapat Stok Vaksin Booster Terbanyak

12 April 2022, 04:16:49 WIB

JawaPos.com–Berdasar catatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, terdapat 5 daerah dengan stok vaksin terbanyak. Stok vaksin terbanyak ada di Kabupaten Jember dengan jumlah 103.706 dosis.

Kemudian Kota Malang dengan ketersediaan stok vaksin sebanyak 95.040 dosis, Kabupaten Bangkalan 75.216 dosis, Kabupaten Bondowoso 62.672 dosis dan Kabupaten Tulungagung dengan jumlah 60.746 dosis.

”Jumlah vaksin kita banyak, tidak perlu khawatir. Jadi kalau belum booster, segera vaksin di pelayanan terdekat mumpung masih awal Ramadan. Agar nanti mudik, sudah terproteksi,” ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (11/4).

Khofifah mengajak masyarakat proaktif memperoleh suntikan vaksin booster yang dijadikan syarat untuk mudik Lebaran dengan mendatangi fasyankes terdekat. Saat ini, stok vaksin di Jatim ada 1.071.590 dosis. Vaksin tersebut tersebar di kabupaten/kota se Jatim.

Dengan jumlah tersebut Khofifah memastikan akan mampu mencukupi kebutuhan vaksinasi booster bagi masyarakat yang ingin mudik. Vaksinasi menjadi penting dalam menghadapi tradisi mudik yang dilakukan masyarakat pada Hari Raya Idul Fitri. Sebab, setiap orang akan berkumpul dengan sanak saudara, sehingga dibutuhkan perlindungan lebih agar aman dari penyebaran Covid-19.

”Vaksin ini jangan dibilang sebagai satu syarat yang memberatkan. Karena vaksin ini kita lakukan supaya bisa saling melindungi diri kita dan keluarga. Orang mudik itu pasti yang disowani terlebih dahulu adalah yang paling sepuh dan paling senior,” terang Khofifah.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads