alexametrics

Jamin Keamanan Pemilu di Sulsel, TNI dan Polri akan Gelar Patroli Skala Besar

12 April 2019, 14:35:04 WIB

JawaPos.com – Tim gabungan TNI-Polri di Sulawesi Selatan (Sulsel) semakin mengintensifkan pengamanan menjelang berlangsungnya Pemilu 2019. Mereka siap melakukan patroli skala besar yang menyasar lokasi-lokasi strategis dan lokasi TPS di 24 kabupaten/kota.

“Beberapa hari lagi akan pemilu. Nanti akan ada patroli skala besar untuk jaga kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) agar tetap kondusif,” terang Kapolda Sulsel Irjen Pol Hamidin di sela cek kesiapan pasukan pengamanan Pemilu 2019, Jumat (12/4).

Patroli akan melibatkan 12 ribu personel gabungan. Dua pertiga kekuatan jumlah tersebut merupakan personel yang diterjunkan khusus dari Kodam XIV/Hasanuddin.

“Jadi kami harapkan masyarakat tidak usah cemas. Tidak usah takut, tidak usah percaya dengan informasi hoax tentang situasi menjelang pemilu. Yakinlah bahwa kami, TNI-Polri akan menjamin keamanan masyarakat sampai ke TPS,” tegas Hamidin.

Patroli skala besar ini bersifat terbuka. Masyarakat pun dapat berpatisipasi aktif dalam melaporkan setiap kejadian-kejadian yang dianggap dapat menggangu jalannya proses pesta demokrasi, 17 April  mendatang.

Sementara itu, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen Surawahadi menyatakan kesiapan personel untuk membantu mengamankan tahapan pemilu. Patroli skala besar menurutnya bisa menjadi salah satu cara untuk mengantisipasi dan memantau kondusifitas.

“Kami sudah siapkan semuanya. Ada pasukan yang siap membantu Polri untuk membuat proses pemilu berjalan dengan baik,” kata Surawahadi.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Sahrul Ramadan