JawaPos Radar

Calon Kepala Daerah Jadi Tersangka, Wiranto: Silahkan Saja

12/04/2018, 19:33 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto angkat bicara terkait banyaknya calon kepala daerah yang menjadi tersangka. Menurutnya, penetapan tersangka tersebut tidak masalah selama sesuai dengan tahapan yang ada dan bisa dipertanggungjawabkan. 

"Silakan saja (ditetapkan sebagai tersangka) tidak masalah, kalau memang secara tahapan ternyata harus ada penangkapan dan penahanan. Asalkan dapat dipertanggungjawabkan dan tidak terkontaminasi dengan kepentingan politik," ungkap Wiranto usai menghadiri Tingalan Jumenengan Pakubuwono (PB) XIII, di Keraton Kasunanan Surakarta, Kamis (12/4). 

Lebih lanjut Wiranto mengatakan, yang membuatnya khawatir adalah adanya tuduhan-tuduhan tertentu. Yang paling parah jika tuduhan tersebut akan mengarah pada para aparat negara yang berhubungan dengan hukum.

Sehingga, seolah-olah aparat penegak hukum ikut campur dalam masalah politik. "Tapi kalau itu bisa dieliminasi bisa dipastikan tidak mengarah ke sana, silakan saja tidak ada masalah," katanya. 

Wiranto tidak ingin jika nantinya kondisi tersebut justru akan membuat atau menimbulkan kegaduhan di masyarakat saat penyelenggaraan Pilkada serentak. Dan jika hal itu terjadi, bukan hanya menimbulkan kekacauan saja, tetapi juga dapat mengganggu pelaksanaan Pemilu. "Dan itu yang haru kami hindari," ucapnya. 

Sementara itu, ditanya mengenai persiapan pengamanan Pilkada serentak, Wiranto menyebut bahwa semuanya sudah siap. Baik dari TNI maupun Polri sudah siap untuk melakukan pengamanan. Baik pengamanan Pemilukada, Pileg maupun untuk pengamanan Pilpres.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up