JawaPos Radar

150 Aset Abu Tours Telah Disita

12/04/2018, 14:01 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Abu Tours
Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani menunjukkan aset Abu Tours yang telah disita. (Sahrul Ramadan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) getol melakukan penyitaan aset milik bos Abu Tours Hamzah Mamba. Setidaknya sudah lebih dari 150 aset milik tersangka kasus dugaan penipuan dan penggelapan dana calon jamaah umrah itu yang disegel.

Aset-aset itu antara lain mobil mewah, motor mewah, tanah dan bangunan kantor, rumah mewah hingga apartemen mewah di kawasan kota Makassar dan di Depok, Jawa Barat (Jabar). Seluruh aset itu merupakan hasil penelusuran sementara tim penyidik.

"Tim penyidik tak akan berhenti sampai di situ, hingga seluruh aset Hamzah Mamba yang tersebar di berbagai lokasi diketahui," tegas Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani di Makassar, Kamis (12/4).

Dicky menyebut satu persatu aset Hamzah Mamba yang saat ini telah disita tim penyidik. Aset tidak bergerak berjumlah 21 unit. 17 Di antarnya didapat dari Kota Makassar, 2 di Jakarta dan 2 di Depok. Aset itu berupa bangunan, rumah toko (ruko) kantor dan tanah.

Untuk aset bergerak berjumlah 34 unit. Di Makassar terdapat 16 unit mobil dan 4 unit motor, Jakarta 13 unit mobil, serta di Palembang 1 unit mobil.

Aset lain seperti perangkat elektronik berjumlah 33 unit. 24 Komputer dan 3 Laptop di kawasan Kota Makassar. Lalu 2 komputer dan 4 kamera di Jakarta Selatan (Jaksel).

Sementara untuk barang bukti uang, di Makassar berjumlah 11.250 Riyal, US$ 140, dan Rp 2.492.000. Kemudian di Depok sebesar 43 Riyal, 7 Ringgit, 1 Dinar, US$ 1, SG$ 62.

"Jadi estimasi sementara, kami sudah sita kurang lebih 150 asetnya. Kami akan terus telusuri lagi. Karena sementara ini tim terus bekerja," tutur Dicky.

Hari ini, tim penyidik mengagendakan untuk kembali melakukan penyitaan aset tersangka Hamzah Mamba di Kabupaten Maros, Sulsel. Aset itu berupa 2 unit bangunan dan tanah seluas 84 meter persegi dan 98 meter persegi. Lokasinya di Perumahan The Lagosi A9 dan D12, Maros dengan sertifikat hak milik (SHM) nomor 01505 dan nomor 01313 atas nama Hamzah Mamba.

(rul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up