alexametrics
Bom di Sibolga

Tiga Pelaku Peledakan di Sibolga Jaringan ISIS 

12 Maret 2019, 23:44:00 WIB

JawaPos.com – Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan, pelaku peledakan bom di Kota Sibolga masuk dalam jaringan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Sampai saat ini kata Tito, Densus 88 Anti Teror Mabes Polri sudah mengamankan tiga terduga pelaku peledakan dari Kota Sibolga. 

“Berafiliasi kepada pendukung ISIS. Kena paham Isis ini. Kelompok ini sudah dijajaki Densus. Makanya penangkapan duluan dilakukan di Lampung,” kata Tito ujar bersilaturahmi di Ponpes Al Kautsar Al akbar, Jalan Pelajar Timur, Kota Medan, Selasa (12/3) malam.  

Sebelumnya, Densus 88 meringkus RIN alias PS, 23, dari Kelurahan Panengahan, Kedaton, Bandar Lampung, Sabtu (9/3). Saat ditangkap, ditemukan sejumlah benda mencurigakan yang diduga merupakan alat membuat bom rakitan. Alat bukti tersebut pun langsung diamankan tim penjinak bahan peledak (Jihandak). 

Lantas dari keterangan RIN, tim bergerak ke Sibolga. Di sana ada tiga orang yang masih dalam satu jaringannya. 

Densus bergerak ke Jalan Cendrawasih, Kota Sibolga. Saat masuk ke dalam rumah terduga teroris berinisial HUA alias AH. Ternyata pelaku sudah bersiap. Sebuah bom meledak sekira pukul 14.20 WIB yang mengakibatkan seorang petugas terluka. 

Tim lalu melakukan pengembangan. Dua rekannya ditangkap. Sayangnya, Tito enggan merinci identitas dan lokasi penangkapan pelaku kedua dan ketiga. 

“Dua lagi temannya di daerah Sibolga juga,” ujarnya. 

Sampai sekarang, polisi masih melakukan negosiasi. Istri pelaku di Jalan Cendrawasih belum juga mau menyerah. Dia tetap bertahan bersama tiga anaknya. 

“Ketika anggota akan masuk ke rumahnya, diberitahu suaminya, bahwa di rumah itu ada bom,” ujarnya. 

Negosiasi berlangsung alot. Tito berharap istri pelaku bisa keluar dari dalam rumah untuk berdialog. 

“Dan kita bisa selamatkan anaknya dalam keadaan baik. Apapun tentunya, kita sudah siap dengan berbagai resiko,” pungkasnya. 

Editor : Budi Warsito

Reporter : Prayugo Utomo

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Tiga Pelaku Peledakan di Sibolga Jaringan ISIS