alexametrics

Over Runway, Pesawat Tabrak Pembatas

12 Maret 2019, 19:38:39 WIB

JawaPos.com – Kecelakaan pesawat bermesin turboprop kembali terjadi di Papua. Kemarin (11/3) pesawat milik PT Dabi Air Nusantara bermasalah di Bandara Ilaga, Kabupaten Puncak. Berdasar informasi Kodam XVII/Cenderawasih, insiden terjadi saat pesawat mendarat pada pukul 07.51 WIT. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu.

Pesawat tersebut diterbangkan pilot Kapten Jundha dan kopilot Dendi Anugerah. “Berangkat dari Timika pada pukul 07.21 WIT,” kata Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Infanteri Muhammad Aidi.

Menurut Aidi, kecelakaan terjadi lantaran pesawat Dabi Air PK-DPT tersebut meluncur melebihi runway (over runway). Diduga, rem pada pesawat itu tidak berfungsi sebagaimana mestinya. “Dan, kondisi bandara licin atau basah sehingga pesawat mengalami over runway,” terangnya.

Kecelakaan tersebut mengakibatkan pesawat menabrak pembatas batu di ujung runway. Beberapa bagian pesawat pun rusak.

Pilot dan kopilot selamat. Mereka berhasil keluar dari ruang kendali pesawat tanpa luka.

Otoritas Bandara Wilayah X masih menunggu hasil investigasi yang dilakukan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk mengetahui penyebab tergelincirnya pesawat. Ditemui di Wamena setelah melakukan penerbangan perintis ke Ilaga, Kepala Otoritas Bandara Wilayah X Usman Effendi mengatakan belum bisa memastikan penyebab kecelakaan tersebut.

Pesawat itu diketahui membawa muatan 1.247 kg dan uang tunai Rp 4 miliar milik Bank Papua. Muatan tersebut sudah diamankan petugas bandara. 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (syn/ jo/fia/nat/c10/fal)

Copy Editor :

Over Runway, Pesawat Tabrak Pembatas