alexametrics

KRL di Bogor Anjlok, Menhub: Tidak Ada Penyebab Eksternal

12 Maret 2019, 14:43:22 WIB

JawaPos.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut tak ada faktor eksternal terkait penyebab anjloknya KRL KA 1722 relasi Jatinegara-Bogor. Tim dari Kemenhub dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih menyidiki pemicu tergulingnya kereta itu.

“Dari penelitian kita, tidak ada penyebab-penyebab eksternal. Jadi karena internal,” kata Budi saat dijumpai di Hotel PO, Kota Semarang, Selasa (12/3).

Budi menyebut, tim yang ditugasi menyelidiki penyebab pasti kecelakaan ini masih terus bekerja. Kata dia, hasil investigasi paling tidak terlihat dalam waktu dekat. “Insya Allah dalam beberapa hari ini,” imbuhnya.

KRL
PERBAIKAN: Sejumlah petugas tengah melakukan perbaikan jalur kereta. (Salman Toyibi/JawaPos.com)

Sebelumnya, KRL KA 1722 relasi Jatinegara-Bogor mengalami anjlok di dekat pintu perlintasan Kebon Pedes, Bogor, Jawa Barat, sekira pukul 10.00 WIB, Minggu (10/3). Gerbong paling depan yang melaju dari arah Jakarta menuju Stasiun Bogor itu keluar rel, hingga menabrak tiang listrik.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Akan tetapi, puluhan orang harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis akibat luka yang dideritanya.

Per Senin (11/3) kemarin, jalur bekas kecelakaan itu pun sudah dapat dilalui kembali, menyusul proses evakuasi gerbong yang sudah rampung. Dimulai dengan mengoperasikannya secara satu jalur bergantian.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Tunggul Kumoro

Copy Editor : Fersita Felicia Facette



Close Ads
KRL di Bogor Anjlok, Menhub: Tidak Ada Penyebab Eksternal