alexametrics

Datangi Mako Brimob dengan Bahan Peledak, Seorang Pria Diamankan

12 Maret 2019, 17:13:39 WIB

JawaPos.com – Petugas Brimob Polda Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) mengamankan seorang pria yang diketahui berinisial RM RDY, 29, warga asal Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIJ, Selasa (12/3). Pasalnya pria tersebut nekat mendatangi Mako Brimob DIJ yang ada di Baciro, Kecamatan Gondokusuman, Kota Jogjakarta dengan membawa bahan peledak berupa puluhan butir peluru.

“Inisialnya RM RDY, laki laki pekerjaan swasta. Dia mendatangi Mako Brimob, datang menanyakan beberapa hal lalu diamankan,” kata Direktur Ditreskrimum Polda DIJ, Kombes Pol Hadi Utomo saat ditemui di kantornya, Selasa (12/3).

Pria itu datang Selasa (12/3) pagi. Datang menemui penjaga pos Mako Brimob kemudian menanyakan sebuah tempat latihan. Karena curiga, petugas kemudian menanyakan identitas dan keperluannya. Namun gelagat dari pria itu semakin mencurigakan.

Datangi Mako Brimob dengan Bahan Peledak, Seorang Pria Diamankan
Direktur Ditreskrimum Polda DIJ, Kombes Pol Hadi Utomo saat ditemui di kantornya, Selasa (12/3). (Ridho Hidayat/JawaPos.com)

Pria itu kemudian hendak melarikan diri, lalu petugas kemudian mengamankannya. Setelah diperiksa tas yang dibawanya, ditemukan adanya dugaan barang berupa magazin (tempat peluru), puluhan amunisi atau bahan peledak berjumlah 35 butir.

Lanjut Hadi, pelaku saat ini masih dilakukan pemeriksaan dan sudah dibuatkan laporan polisi model A. Peluru atau amunisi, dijelaskannya merupakan bahan peledak. “Peluru kan termasuk bahan peledak. Di dalam tasnya didapati ada 35 peluru itu, dan 9 di antaranya hampa (kosong),” katanya.

Ia dikenakan Undang-Undang Darurat nomor 12 tahun 1951 karena membawa bahan peledak. “Tidak ada pistol. Barang yang diduga magazin itu juga masih kami periksa apakah memang betul magazin atau bukan,” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ridho Hidayat

Copy Editor : Fersita Felicia Facette



Close Ads
Datangi Mako Brimob dengan Bahan Peledak, Seorang Pria Diamankan