JawaPos Radar

Pungli Sumbar

Istilah dan Modus Pungli di Sumbar (3/habis)

12/03/2017, 21:08 WIB | Editor: Ilham Safutra
Istilah dan Modus Pungli di Sumbar (3/habis)
Ilustrasi (dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pungutan liar yang terjadi di Sumatera Barat (Sumbar) berlangsung dengan berbagai modus. Bahkan istilah permintaan uang itu pun beragam.

1. Uang "Bagak"
Uang "Bagak" adalah uang yang diserahkan oleh sopir kepada sejumlah oknum yang disebut orang bagak atau orang preman atau jagoan.

Uang bagak ini dimintakan dengan begaram modus. Mulai dari meminta uang secara lansung kepada sopir angkot, memberikan tisu dan air mineral.

Cara yang paling ekstrem pungli yang dialami oleh sopir angkot, mereka digertak dengan senjata tajam. Jika tidak memberikan uang dimintakan, armadanya akan digores. Bahkan keselamatan sopir pun diancam.

2. Uang Takut
Uang takut ini merupakan jenis pungli yang dialami para kontraktor yang mengerjakan pekerjaan dari pemerintah daerah. Modusnya dari uang takut ini lebih beragam. Mulai dari permintaan uang keamanan yang dilakukan pemuda di lokasi proyek sedang berlangsung.

Selain meminta uang keamanan, modus lainnya dengan meminta pekerjaan, seperti memasukan bahan batu, kerikil, pasir dan sebagainya.

”Tapi, ketika sudah kita berikan kepercayaan, bahan yang diantarnya sering tidak sesuai pesanan. Kalau diingatkan, langsung marah dan tidak mau bertanggung jawab,” beber Ahi, salah seorang kontraktor di Kabupaten Solok, Sumbar.

Selain itu ada pula jenis pungli yang tidak kalah klasik, yakni  pemilik tanah meminta ganti rugi ke kontraktor karena pembebasan tanahnya tidak diselesaikan.

Modus tidak kalah menakutkannya lagi yakni meminta setoran kepada mobil truk pembawa material bangunan. Nilai setorannya Rp 10 ribu untuk sekali melintas.

3. Uang sumbangan sukarela
Meksi namanya uang sukarela, namun kontraktor yang mengerjakan proyek kerap merasa terpaksa atas sumbangan itu. Biasanya dilakukan oleh oknum pemuda desa, lokasi proyek. Nilai sumbangannya mulai dari Rp 500 ribu hingga di atas Rp 5 juta. Angka itu biasanya berdasarkan nilai proyek. (e/rch/roy/atn/iil/JPG)

Alur Cerita Berita

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up