alexametrics

Tidak Ada Korban Jiwa dari Peristiwa Kerusuhan di Rutan Kabanjahe

12 Februari 2020, 18:55:49 WIB

JawaPos.com – Peristiwa kerusuhan yang mengakibatkan kebakaran di rumah tahanan (Rutan) Kelas II B Kabanjahe, Sumatera Utara tidak menimbulkan korban jiwa. Situasi di kawasan tersebut telah berhasil diamankan oleh aparat kepolisian dan petugas keamanan setempat.

“Situasinya terkendali semua, 410 terpidana semuanya aman dan selamat,” kata Kabagpenum Mabes Polri, Kombes Pol Asep Adi Saputra dikonfirmasi, Rabu (12/2).

Asep menyampaikan, jumlah warga binaan yang terdapat di Rutan Kelas II B Kabanjahe sebanyak 410 terpidana. Mereka terdiri dari 380 laki-laki dan 30 perempuan.

Kendati demikian, Polri belum mengetahui penyebab terjadinya kerusuhan. Hingga kini masih melakukan pendalaman terkait pemicu terjadinya kerusuhan tersebut. “Penyebabnya masih dalam penyelidikan,” jelas Asep.

Pernyataan senada juga disampaikan oleh Direktorat Jenderal Permasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang menyebut tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kerusuhan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kabanjahe, Sumatera Selatan. “Tidak ada korban jiwa,” ucap Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen PAS Rika Aprianti.

Kendati demikian, Ditjen PAS hingga kini masih melakukan pendalaman terkait penyebab terjadinya kerusuhan. Saat ini peristiwa tersebut telah ditangni pihak keamanan setempat. “Kalau penyebab (kerusuhan) masih dalam pendalaman,” pungkasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Muhammad Ridwan


Close Ads