alexametrics

Tiket Pesawat Mahal, Penumpang Kapal Laut Membludak

12 Februari 2019, 18:16:45 WIB

JawaPos.com – Tingginya harga tiket pesawat penerbangan domestik membuat para calon penumpang memilih alternatif lain. Mereka memilih angkutan laut untuk bepergian.

Alhasil, terjadi lonjakan penumpang kapal laut. Di Pelabuhan Belawan, peningkatannya mencapai 100 persen. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Cabang PT. Pelni Medan Firdaus. “Mulai pertengahan Januari peningkatannya,” ujar Firdaus, Selasa (12/2).

Peningkatan signifikan, terlihat dari penumpang Kapal Motor (KM) Kelud. Kapal dengan rute ke Jakarta dan Batam ini, pada hari biasa hanya mengangkut seribu penumpang. Namun kini, jumlahnya mencapai dua ribu penumpang.

“Ini faktor banyak penumpang pesawat yang memilih kapal,” ungkapnya.

Meski mengalami peningkatan, pihak Pelni tidak menaikkan harga tiket. Untuk kelas ekonomi dengan tujuan Kota Batam mereka masih membanderol seharga Rp 230 ribu. Sedangkan tiket untuk ke Jakarta, dibanderol Rp 422 ribu.

Harga tiket kapal memang jauh lebih murah dari pesawat. Melalui penelusuran JawaPos.com, harga tiket pesawat yang dipampangkan di laman jasa penjualan tiket berada di kisaran Rp 1,8 sampai Rp 2 juta.

Harga tersebut untuk rute Medan (KNO) – Jakarta (HLP). Bahkan diantaranya ada yang sampai dua kali transit. Harga tiket memang begitu berpengaruh terhadap penurunan penumpang.

Di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deliserdang, penurunan penumpang dan traffic penerbangan terjadi sangat signifikan. Penurunan penumpang mencapai 20 persen.

Sedangkan dari sisi penerbangan, ada penurunan 23 persen di bulan yang sama tahun sebelumnya (Month to month). Itu terjadi pada penerbangan domestik.

Data yang dihimpun Januari 2019, Kualanamu mengalami penurunan penumpang sebanyak 189.762 orang dibanding periode yang sama. Dari sisi penerbangan, jumlahnya mencapai 1.734 penerbangan. Selain itu, ada 1.904 penerbangan yang dibatalkan.

Biasanya, ada 230 penerbangan dari Kualanamu. Sejak harga tiket meroket, hanya 172 penerbangan per hari dari bandara internasional tersebut.

Editor : Budi Warsito

Reporter : prayugo utomo

Tiket Pesawat Mahal, Penumpang Kapal Laut Membludak