alexametrics
Bakal Contoh Program Jatim Nomic

Puji Pakde Karwo, Sutiaji: Intinya Beliau Negarawan

12 Februari 2019, 14:27:40 WIB

JawaPos.com- Wali Kota Malang Sutiaji mengapresiasi kinerja Pemerintah Provinsi Jatim selama sepuluh tahun dipimpin Soekarwo (Pakde Karwo) dan Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Bahkan, Sutiaji bakal menerapkan salah satu program yang dicetuskan oleh Pakde Karwo yakni Jatim Nomic.

Sutiaji menilai, Pakde Karwo merupakan sosok politikus yang negarawan. “Beliau adalah ekonom, politisi, seorang akademisi. Intinya beliau negarawan,” ujarnya pada JawaPos.com, Selasa (12/2).

“Akademisinya masuk, politik masuk, birokrasi masuk,” lanjutnya.

Sutiaji mengungkapkan, dari sejumlah program yang dicetuskan selama 10 tahun kepemimpinan Pakde Karwo, dirinya akan mengaplikasikan program Jatim Nomic di Kota Malang. “Saya nyontohnya Jatim ikonik, akan kami bawa (ke Malang),” terangnya.

Jatim Nomic merupakan program pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Program tersebut dinilai bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Bahkan dari beberapa catatan, banyak hasil dari program Jatim Nomic ini. Salah satunya pendapatan pemprov menjadi surplus dari tahun ke tahun. Tercatat hanya 2015 neraca perdagangan minus, selebihnya selalu surplus. Bahkan pada 2014, surplus perdagangan mencapai USD 32 juta. Sedangkan pada 2016, keuntungan Jawa Timur dari perdagangan meningkat. Salah satunya kerja sama dengan Turki yang mencapai USD 22 juta.

Atas nama Pemerintah Koat (Pemkot) Malang, Sutiaji berterima kasih kepada Pakde Karwo dan Gus Ipul yang selama ini telah berhasil memimpin Jawa Timur dengan baik. “Atas nama masyarakat Kota Malang saya mengucapkan terima kasih atas pengabdian Pakde Karwo dan Gus Ipul selama 10 tahun menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur,” ungkapnya.

Sementara itu, pihaknya juga berharap pembangunan di Jawa Timur pada masa kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih periode 2018 – 2023, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak bisa terwujud dengan baik. Dia juga menegaskan, sebagai pimpinan daerah siap untuk bersinergi dalam membangun Jawa Timur khususnya di Kota Malang.

Sutiaji juga menaruh harapan pada kepemimpinan Khofifah-Emil yang bakal dilantik Presiden Joko Widodo, besok (13/2). “Saya juga banyak berharap. Beliau berdua energik, masih muda, smart. Mudah-mudahan Malang bisa mengikuti gerak dan langkah beliau,” pungkasnya.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Fiska Tanjung

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Puji Pakde Karwo, Sutiaji: Intinya Beliau Negarawan