JawaPos Radar | Iklan Jitu

KPU Solok Mulai Merakit 6.570 Kotak Suara

12 Februari 2019, 17:31:20 WIB
KPU Solok Mulai Merakit 6.570 Kotak Suara
KPU Kabupaten Solok membuka segel pengiriman kotak dan surat suara untuk Pemilu 2019. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Sebanyak 6.570 kotak suara telah sampai di gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar). Saat ini, KPU tengah melakukan perakitan kotak suara yang terbuat dari bahan karton untuk bisa dipergunakan pada pemilu serentak 2019 yang digelar 17 April mendatang.

"Ya, kotak suara sudah sampai beberapa hari lalu. Sekarang kami sedang melakukan perakitan," kata Ketua KPU Kabupaten Solok, Gadis, Selasa (12/2).

Gadis membeberkan, ada beberapa kotak suara yang rusak. Namun, sepanjang masih layak, kotak suara tersebut akan dipergunakan. "Kalau betul-betul tidak layak, baru kami minta penggantian ke KPU Pusat," katanya.

Menurut Gadis, poses perakitan kota suara akan dilakukan di gedung bawah Islamic Center Koto Baru. Nantinya, kotak suara akan didistribusikan ke 1.314 TPS.

"Jenis surat suara yang kami terima baru tiga. Surat suara DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi dan DPR-RI. Kami belum terima surat suara untuk DPD-RI dan Pilpres," kata perempuan yang telah menjadi komisioner selama dua periode itu.

Sementara itu, Komisioner Divisi Teknis, Defil mengatakan, jumlah surat suara untuk tiga jenis yang sudah sampai masih mengalami kekurangan.

Atas kekurangan itu, pihak KPU Kabupaten Solok akan kembali mengajukan penambahan surat suara ke KPU Pusat. "Jumlah yang ada baru sekitar 287.541 surat suara. Sedangkan untuk Pemilu kebutuhannya mencapai 288.177 surat suara," terang Defil.

Editor           : Budi Warsito
Reporter      : Riki Chandra

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up