alexametrics

Kominfo Sumbar Rancang Aplikasi Kebencanaan

12 Februari 2019, 18:00:44 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tengah merancang aplikasi khusus kebencanaan. Hal itu dilakuakn bertujuan untuk memudahkan masyarakat mengetahui apa yang harus dilakukan saat bencana gempa, banjir, dan longsor melanda daerah yang disebut-sebut rawan bencana itu.

Kepala Dinas Kominfo Sumbar, Yeflin Luandri mengatakan, aplikasi yang segera dirancang itu akan digabungkan dengan informasi pariwisata. Sehingga, terintegrasi terhadap wisatawan yang akan berkunjung ke Sumbar.

Yeflin menyebutkan, untuk perancangan itu butuh kajian dan rapat bersama dengan pihak terkait, seperti BPBD Provinsi dan Kabupaten/Kota. Sehingga, jelas nantinya seperti apa aplikasinya dan apa saja jenis kontennya.

“Proses penyusunan tekstur dan strukturnya bersama pihak terkait. Sehingga, kami yang akan membangun infrastruktur atau pembuat aplikasi, bisa tahu keinginan pihak terkait seperti BPBD serta Kabupaten dan Kota,” kata Yeflin, Selasa (12/2).

Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan semacam Forum Group Discussion (FGD) dengan pihak-pihak terkait kebencanaan. “Kami ingin ada input atau masukan dari berbagai pihak untuk kesempurnaan aplikasi itu nanti,” jelas Yelfin.

Selain itu, juga akan ditentukan siapa admin atau tim verifikasi dari informasi bencana. Sehingga, informasi yang di sebar ke publik tidak salah dan menimbulkan kekacauan.

“Insyaallah dalam waktu dekat akan kami eksekusi,” jelasnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : Riki Chandra

Kominfo Sumbar Rancang Aplikasi Kebencanaan