JawaPos Radar | Iklan Jitu

Hirup Udara Bebas, Mantan Napi Teroris Abu Rio Langsung Dijemput BNPT

12 Februari 2019, 15:07:08 WIB
Hirup Udara Bebas, Mantan Napi Teroris Abu Rio Langsung Dijemput BNPT
ILUSTRASI: Rio sendiri, sudah ditahan sejak tahun 2015 lalu. Kemudian dia dipindahkan ke Lapas Pekanbaru pada tahun 2016. (dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Seorang narapidana kasus tindak pidana terorisme akhirnya dapat menghirup udara bebas hari ini, Selasa (12/2). Adalah Rio Adi Putra alias Rio alias Abu Rio alias Wewe bin Yamin, yang ditahan di Lapas Klas IIA Pekanbaru, Riau.

Kepala Lapas Klas IIA Pekanbaru Yulius Sahruza, membenarkan bahwa yang bersangkutan sudah bebas. Ia dinyatakan bebas murni sesuai dengan masa hukumannya. 

"Dia udah bebas tadi. Dibebaskan tadi, dijemput BNPT. Udah dengan Polda sudah datang untuk ngantar yang bersangkutan di Bandara," kata Yulius, Selasa (12/2) siang.

Rio sudah dijemput oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Selasa (12/2) pagi. Kemungkinan yang bersangkutan akan diantarkan ke daerah asalnya di Kampung Na’e, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat.

Rio sendiri, sudah ditahan sejak tahun 2015 lalu. Kemudian dia dipindahkan ke Lapas Pekanbaru pada tahun 2016. Sebelumnya, dia ditahan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok. "Sejak 2015 (ditahan). Bebas sesuai dengan masa pidananya," kata dia.

Saat itu, selain Rio ada satu napi terorisme lain yang ikut dipindahkan. Yaitu Muhammad Shibghotulloh alias Yatno yang merupakan Napi dari Magetan, Jawa Timur.

Yatno memiliki masa hukuman dua tahun penjara sementara Rio Adi Putra alias Abu Rio yang berasal dari Bima memiliki masa hukuman empat tahun penjara.

Editor           : Sari Hardiyanto
Reporter      : Virda Elisya

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up