alexametrics
Selama Januari 2019

Harga Tiket Meroket, Hampir 2.000 Pesawat Batal Terbang dari Kualanamu

12 Februari 2019, 13:51:40 WIB

JawaPos.com- Meroketnya harga tiket pesawat masih menyengsarakan penumpang. Di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deliserdang, jumlah penerbangan dan penumpang mengalami penurunan yang sangat signifikan.

Data yang dihimpun, Januari 2019 Kualanamu mengalami penurunan penumpang sebanyak 189.762 dibanding periode yang sama tahun lalu. Dari sisi penerbangan jumlahnya mencapai 1.734 penerbangan. Selain itu, hampir 2 ribu penerbangan dari Kualanamu dibatalkan. Persisnya sebanyak 1.904 penerbangan.

Biasanya, ada 230 penerbangan dari Kualanamu. Sejak harga tiket meroket, hanya 172 penerbangan per hari dari bandara internasional tersebut.

Jumlah penurunan penumpang itu juga diakui oleh General Manager Bandara Kualanamu Bayuh Iswantoro. Penurunan penumpang mencapai 20 persen. Sedangkan dari sisi penerbangan ada penurunan 23 persen pada bulan yang sama tahun sebelumnya (Month to month). Itu terjadi pada penerbangan domestik.

“Sedangkan penerbangan Internasional mengalami peningkatan,” ujar Bayuh, Selasa (12/2).

Dampak penurunan itu adalah kerugian di Bandara Kualanamu. Tidak hanya Kualanamu, bandara-bandara lainnya juga mengalami hal yang serupa.

Otoritas bandara akan mengupayakan perbaikan sistem untuk mendongkrak kembali angka penumpang dan traffic. Pihaknya akan berdiskusi dengan pihak maskapai untuk menemukan solusi

“Kami coba improvisasi. Bandara tidak hanya untuk berangkat dan datang. Kami akan bikin calender event,”ucapnya.

Harga avtur juga mempengaruhi tingginya harga tiket. Meski begitu, tiket yang dianggap mahal masih dalam ambang batas atas yang ditetapkan dalam regulasi.

“Namun demikian, jumlah penumpang menurun. Mudah-mudahan langkah-langkah tadi bisa meningkatkan jumlah traffic dan penumpang,” tukasnya.

Editor : Dida Tenola

Reporter : prayugo utomo

Harga Tiket Meroket, Hampir 2.000 Pesawat Batal Terbang dari Kualanamu