alexametrics

DPT di Bandung Capai 1,7 Juta, 30 Persennya Kaum Milenial

12 Februari 2019, 14:04:59 WIB

JawaPos.com – Data pemilih tetap (DPT) di Bandung berdasarkan data Desember 2018 lalu mencapai 1,7 pemilih. Dari jumlah tersebut 30 persen diantaranya adalah pemilih pemula atau kaum milenial.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandung Suharti mengatakan jumlah tersebut kemungkinan akan bertambah karena ada pemilih pemula yang belum melakukan rekaman e-KTP. Sehingga KPU Bandung tetus berupaya mensosialisasikan di sekolah dan universitas untuk dilakukan rekaman e-KTP.

“30 persennya milenial, dan setelah dilakukan perekaman. Jika usia pemilih mepet pada hari pencoblosan akan tetap rekam dan akan memiliki surat keterangan (Suket) dan e-KTP akan diberikan saat ulang tahunnya,” kata Suharti di Taman Sejarah Bandung, Selasa (12/2).

Menurutnya, target jumlah pemilih pada pesta demokrasi Pilpres dan Pileg yang akan dilaksankan 17 April 2019 mendatang 77,5 persen. Namun berdasarkan evaluasi kontestasi pilkada lalu di Bandung sudah melebihi batas.

“Untuk tingkat partisipasi sesuai dengan target nasional 77,5 persen. Tapi kami berharap lebih dari itu. Karena pada Pilwakot 2018 lalu mencapai 76,62 persen,” ujarnya.

Pihaknya berkaca pada pemilu lalu dari partisipasi masyarakat Bandung yang sudah peduli untuk menyalurkan hak pilihnya. Ditambah akan dilakukan sosialisasi secara simultan maka target jumlah partisipasi akan terpenuhi.

“Kami saat ini sudah gencar juga, selain itu kami tahu belum tentu semua warga ber-KTP Bandung karena merupakan kota urban. Untuk menghidari (golput) hak mereka yang tidak tersalurkan kami ada regulasi pindah memilih,” jelasnya.

Dalam hal ini, warga yang tengah merantau di Bandung bisa mendapatkan formurlir A5 yang bisa didapat di KPU Bandung maupun ke kelurahan. Dengan syarat warga sudah terdaftar sebagai pemilih di kota asalnya. Namun pemilih pindahan ini tidak bisa mendapat lima surat suara melainkan hanya dua yakni Pilpres dan DPD yang masih satu Provinsi.

“Formulir A5 bisa didapat hingga 17 Februari 2019, tidak hanya ke KPU tapi bisa ke kelurahan terdekat dan temui petugas,” tandasnya.

Untuk diketahui, Bandung menyediakan sebanyak 7.103 TPS dengan kebutuhan 14.206 orang petugas keamanan dan 49.721 orang petugas kelompok panitia pemungut suara (KPPS). Maka akan kembali dilakukan seleksi petugas yang baru.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Siti Fatonah

Copy Editor :

DPT di Bandung Capai 1,7 Juta, 30 Persennya Kaum Milenial