alexametrics

Desa dan Tempat Wisata Gunungkidul Akan Ada Internet Gratis

12 Februari 2019, 20:05:16 WIB

JawaPos.com – Sebuah terobosan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ). Yakni penyediaan sambungan internet atau WLAN gratis di kantor-kantor desa dan tempat wisata.

Kepala Bidang Layanan Informatika, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Gunungkidul, Kelik Yuniantoro mengatakan, pemberian layanan internet gratis untuk kantor desa sebenarnya merupakan program lanjut.

Saat ini sudah ada 40 kantor desa yang memilikinya. Pada 2019 ditargetkan bertambah menjadi 144 kantor desa. “Kami targetkan tahun ini 144 desa sudah bisa mengakses layanan. Supaya ada kemudahan akses internet sebagai penunjang peningkatan perekonomian warga,” katanya, saat dihubungi Selasa (12/2).

Setiap kantor desa disediakan kecepatan internet sebesar 10 Mbps dari program ini. Sedangkan untuk alat penunjang, seperti pemasangan tower dan lainnya akan disediakan oleh pihak desa yang bersangkutan. “Peralatan disediakan oleh desa, tapi kalau pemasangan dan lainnya kami yang melakukan,” katanya.

Lanjut Kelik, selain kantor desa juga ada 3 objek wisata yang akan disediakannya layanan serupa. Namun untuk lokasinya nanti akan dikoordinasikan terlebih dahulu dengan instansi terkait, yakni dinas pariwisata.

“Tahap awal untuk objek wisata di 3 lokasi dahulu. Pemasangannya nanti dikoordinasikan dengan dinas pariwisata,” ucapnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Hary Sukmono menambahkan, diharapkan pemasangan layanan internet gratis di tempat wisata di lokasi yang sulit terjangkau sinyal. “Ini bisa mendukung pembangunan wisata, dan mendongkrak kunjungan,” ucapnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ridho Hidayat

Copy Editor :

Desa dan Tempat Wisata Gunungkidul Akan Ada Internet Gratis