alexametrics

Besok, Polresta Solo Uji Coba ETLE

12 Februari 2019, 09:52:36 WIB

JawaPos.com- Satlantas Polresta Solo akan melakukan uji coba penerapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), besok (13/2). Saat ini, Satlantas sudah memasang kamera pengawas di puluhan titik se-Solo. Uji coba ini sekaligus sebagai tahap sosialisasi sebelum sanksi diterapkan bagi pengendara kendaraan yang melanggar.

Kanit Regident Satlatas Polresta Solo AKP Suryo Wibowo menyampaikan, penerapan ETLE diharapkan dapat menurunkan angka pelanggaran lalu lintas di Kota Solo. Dengan begitu tingkat kepatuhan para pengendara kendaraan juga akan meningkat.

“Besok (Rabu) baru kami lakukan uji coba terlebih dahulu. Nanti akan kami pantau terus setiap perkembangannya, kami evaluasi dan melakukan perbaikan,” ungkapnya, Selasa (12/2).

Untuk saat ini ada 60 titik persimpangan yang dipasang Closed-Circuit Television (CCTV). Kamera tersebut akan memantau setiap pengendara yang melintas. Untuk pengawasan dilakukan selama 24 jam melalui ruangan yang bernama Traffic Management Center (TMC). Melalui pengawasan tersebut, maka setiap pelanggaran akan terpantau jelas oleh petugas.

“Setiap pelanggaran akan terpantau dari ruangan TMC. Baik itu pelanggaran marka, rambu, maupun tidak menggunakan kelengkapan berkendara sebagaimana mestinya,” ucap perwira polisi dengan tiga balok di pundak tersebut.

Rencananya, uji coba akan dilakukan selama sepekan ke depan. Meski masih dalam tahap uji coba, Suryo mengimbau kepada seluruh warga agar tetap tertib dalam berkendara dan mematuhi setiap aturan yang ada.

“Untuk setiap pelanggar akan di-capture data kendaraan. Seperti plat nomornya. Kemudian dicek kendaraan dan kami mengirimkan surat verifikasi. Pemilik kendaraan akan diberikan waktu untuk konfirmasi mengenai data kendaraan tersebut, barulah diberikan e-tilang,” tutupnya.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Ari Purnomo

Copy Editor :

Besok, Polresta Solo Uji Coba ETLE