alexametrics

244 Formasi PPPK Pemprov Sumbar Nihil Untuk Jalur Umum

12 Februari 2019, 04:39:08 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mendapatkan 244 kuota yang akan diterima menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2019. Namun, formasi tersebut tidak terbuka untuk umum.

Sebab, nama-nama calon yang akan mengikuti seleksi sudah terdata. “Tidak untuk pelamar umum. Yang bisa ikut seleksi adalah mereka yang sudah terdata sebagai honorer kategori dua (K2) tahun 2013. Jika tidak terisi semuanya, ya sebanyak yang lolos saja jadi PPPK,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, Yulitar, Senin (11/2).

Yulitar menyebutkan, kuota yang diberikan Kementrian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sudah berisi nama-nama peserta yang akan mengikuti seleksi.

Informasi yang diperoleh Yulitar dari mengikuti rapat-rapat di Jakarta mengungkapkan, jika pelamar umum untuk pegawai PPPK ini hanya tersedia bagi pejabat tinggi Madya dan Pratama. Itu pun hanya di pemerintah pusat, belum diberikan ke pemerintah daerah.

Selain itu, terang Yulitar, sistem pendaftaran bagi peserta yang sudah ditetapkan nama-namanya juga belum jelas waktunya. Termasuk penetapan surat keputusan (SK) pegawai tersebut.

“Kalau SK (surat keputusan) nya belum jelas bentuknya. Apakah hanya satu kali kontrak, atau berulang tiap tahun. Ini yang akan kami rapatkan tanggal 18 Februari 2019 bersama Kemenpan dan RB, saya akan mengundang semua kabupaten/kota, agar kita seragam,” bebernya.

Sebelumnya, Pemprov Sumbar mendapatkan 244 kuota untuk penerimaan PPPK 2019. Jumlah itu untuk mengisi kekurangan pegawai yang selama ini belum memadai.

Dari 244 PPPK yang diajukan itu rinciannya sebanyak 239 untuk tenaga guru, dua orang tenaga kesehatan dan tiga orang penyuluh pertanian. 

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Riki Chandra

Copy Editor :

244 Formasi PPPK Pemprov Sumbar Nihil Untuk Jalur Umum