JawaPos Radar

Raih WTP di Tahun Kedua, PAD Pemkab Klungkung Meningkat 100 Persen

12/02/2018, 10:02 WIB | Editor: Imam Solehudin
Bupati Klungkung
Bupati Klungkung Bali, I Nyoman Suwirta saat menerima penghargaan WTP dari BPK-RI, Minggu (11/02) (Ist/Jawapos.com)
Share this

Raih WTP di Tahun Kedua, PAD Pemkab Klungkung Meningkat Seratus Persen


JawaPos.com - Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung meningkat drastis. Persentasenya bahkan mencapai 100 persen. Jauh lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Pemerintah setempat sejatinya telah memproyeksikan, kalau capaian ini bisa terealisasi pada tahun kelima kepemimpinan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta serta Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta.

“Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, kenaikan PAD seratus persen dapat kami capai dalam kurun waktu kurang dari tiga tahun," ujar Suwirta melalui keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com, Senin (12/2).

Dia mengatakan, ada empat komponen utama yang menjadi penyumbang PAD Kabupaten Klungkung yaitu, pajak daerah, retribusi, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang disahkan dan komponen lain-lain PAD yang sah.

"Dan kami selalu menggali sumber pendapatan agar tidak terjadi kebocoran PAD,” lanjut Suwirta.

Pada tahun 2017 di tahun keempat kepemimpinan Bupati Suwirta, PAD Kabupaten Klungkung menunjukkan angka senilai Rp 153,37 miliar menandakan meningkat sebesar 127,5% dari tahun awal kepemimpinan Bupati Suwirta.

Sebagai informasi, pada tahun 2013, PAD Klungkung hanya sebesar Rp 67,4 miliar.

“Dalam meningkatkan PAD semua potensi penyumbang pendapatan kita gali, berbagai promosi pariwisata juga digelar dan telah kami lakukan,” jelas dia.

Selain berhasil meningkatkan PAD, Kabupaten Klungkung juga berhasil meraih penghargaan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Predikat ini diraih berturut-turut atas laporan keuangan Pemerintah Daerah tahun 2015 dan tahun 2016.

“Saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya atas penghargaan ini, dalam laporan keuangan kita telah meraih penghargaan WTP dari BPK-RI atas laporan keuangan tahun 2015 dan 2016. Semoga tahun laporan keuangan 2017 kita juga dapat meraih predikat yang sama,” harap Suwirta.

(mam/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up