JawaPos Radar

Ngeri! Ini Blind Spot Tanjakan Emen yang Sebabkan Kecelakaan Maut

12/02/2018, 06:35 WIB | Editor: Mochamad Nur
Ngeri! Ini Blind Spot Tanjakan Emen yang Sebabkan Kecelakaan Maut
Kecelakaan maut di tanjakan emen yang menewaskan 27 orang (Istimewa)
Share this image

Jawapos.com- Nasib naas menimpa bus yang menewaskan 27 orang di Tanjakan Emen, Kabupaten Subang, Sabtu (10/2) lalu. Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi menuturkan pihaknya berasumsi ada beberapa indikasi yang menyebabkan kecelakaan maut itu terjadi.

Budi menjelaskan, lokasi Tanjakan Emen merupakan jalur yang bersifat 'blind spot' sehingga pengendara yang lewat harus sangat berhati-hati.

"Ini sudah (diketahui) jalan Tanjakan Emen yang jadi TKP kecelakaan adalah blind spot," jelas Budi kepada Jawapos.com di Jakarta, Minggu (11/2).

Blindspot adalah area di sekitar yang tidak dapat terlihat pada sangat sedang mengemudi.

Dalam hal ini, lanjutnya, pihak dinas perhubungan dan bina marga sudah memberikan rambu-rambu berupa marka jalan, serta rambu peringatan di sekitar jalan tersebut.

Namun karena jalan tersebut jaraknya ada sekitar dua kilometer, maka orang yang tidak hapal medan jalan tersebut bisa celaka jika tidak hati-hati.

"Ada marka jalan dengan rambu juga ada, tapi karena jalan itu panjangnya sekitar dua kilometer mungkin ada orang yang dari luar lewat jalan itu belum tentu hapal medan jalannya," tuturnya.

Adapun, indikasi sementara yang pihaknya terima adalah terdapat sepeda motor yang hendak menyalip di tanjakan lalu mengenai bus sehingga tidak bisa dikendalikan.

"Itu baru dugaan sementara yang kami terima," ungkapnya.

Saat ini, sudah diilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) oleh KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) oleh dinas perhubungan dan kepolisian.

Selanjutnya bila hasil analisa sudah keluar biasanya akan muncul rekomendasi terhadap keberlanjutan kasus tersebut.

Namun, lanjutnya, terlepas dari rekomendasi yang akan diputuskan, pihak Kementerian Perhubungan tetap akan menyiapkan langkah-langkah tersendiri.

"Meski itu merupakan jalan provinsi akan saya dorong tindakan sesuai tupoksi saya untuk peningkatan aspek keselamatan pada jalur sekitar dua kilometer itu sehingga meminimalisasi blindspot," terangnya.

Dalam hal ini, dirinya akan berdiskusi juga dengan tim Bina Marga untuk menambah jelas marka jalan di sepanjang dua kilometer Tanjakan Emen.

(uji/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up