JawaPos Radar

Razia Pagi Hari, Petugas Lapas Temukan Sabu, Miras, dan Sajam

12/02/2016, 02:20 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Razia Pagi Hari, Petugas Lapas Temukan Sabu, Miras, dan Sajam
(ilustrasi)
Share this image

JawaPos.com - Barang terlarang masih beredar bebas di Lembaga Pemasyarakat (Lapas) II B Solok, Sumatera Barat. Dalam razia mendadak yang digelar petugas gabungan Satnarkoba Polres Solok Kota dan Lapas II Solok, ditemukan paket sabu siap pakai, puluhan senjata tajam jenis pisau, parang, gunting, dan botol miras berbagai merek. Razia tersebut buntut kasus penikaman seorang narapidana, Rabu (10/2) sebelumnya.

Kepala Lapas Solok Heru Suprijowinardi mengungkapkan, razia tersebut untuk menetralisir kedaaan blok dan kamar para tahanan. Sasaran utamanya adalah seluruh kamar, blok, sel para narapidana, dan para tahanan. Razia juga untuk melanjuti surat edaran Kemenkumham untuk menciptakan suasana kamtibmas dilingkungan Lapas.

"Kami libatkan kepolisian dalam razia. Hasilnya ditemukan banyak barang berbahaya," kata Heru Kamis (11/2).

Dalam razia tersebut petugas menyita tiga paket sabu siap pakai di salah satu kamar. Seorang penghuni kamar dintrogasi untuk mengetahui alur barang sehingga sampai ke dalam Lapas. Selain itu, petugas menemuukan serakan beling, pecahan kaca, potongan besi, silet, kayu, dan benda berbahaya lainnya. Barang berbahaya tersebut diamankan untuk nantinya dimusnahkan.

Kasat Narkoba Polres Solok Kota  AKP Afrides Roma menambahkan, akan mendalami dan mengembangkan temuan barang haram tersebut. Polisi akan menelusuri siapa pemasoknya. Dia mengaku, saat melakukan razia sempat mendapat sambutan kurang mengenakan. Teriakan, cemooh, dan ejekan dari penghuni Lapas menyambut para petuga. Meski demikian, razia tetap berjalan lancar.

"Cukup lancar tanpa adanya perlawanan," kata Afrides. Diakhir operasi, seluruh barang-barang terlarang dikumpulkan, untuk selanjutnya akan dumusnahkan.

Dengan banyaknya benda terlarang yang disita, diharapkan lingkungan Lapas lebih kondusif. (tn/yuz/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up