JawaPos Radar | Iklan Jitu

Taman Maju Bersama 'Anies' Lebih Bervariatif Dibanding RPTRA 'Ahok'

12 Januari 2019, 11:16:07 WIB
Taman Maju Bersama 'Anies' Lebih Bervariatif Dibanding RPTRA 'Ahok'
Pemprov DKI berencana membangun 5 Taman Maju Bersama (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana akan merevitalisasi lima taman maju bersama di ibu kota. Namun, apa bedanya Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan Taman Maju Bersama (TMB)?

Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta, Susi Marsitawati menjelaskan pada prinsip dan fungsi keduanya sama-sama ruang terbuka dengan fasilitas yang sama. Yaitu, memberikan ruang interaksi masyarakat.

"Ke depan kita akan satukan RPTRA dengan taman maju bersama termasuk di dalam revitalisasi. Jadi fasilitas sama, artinya gini semua kita melibatkan komunitas masyarakat yang menggunakan," saat dihubungi JawaPos.com, Sabtu (12/1).

Taman Maju Bersama 'Anies' Lebih Bervariatif Dibanding RPTRA 'Ahok'
Ilustrasi RPTRA (Dok. JawaPos.com)

"RPTRA juga seperti itu kelompok masyarakat menggunakan (kawasan) itu kelompok PKK atau masyarakat lainnya," tambahnya.

Seperti yang diketahui, Pemprov DKI dibawah Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sudah mendirikan sebanyak 290 RPTRA pada 2018 yang sudah ada di masing-masing kelurahan. Jumlah tersebut sudah melampaui target yang ditentukan sebanyak 267 RPTRA.

Walau terlihat sama, RPTRA dan TMB memiliki desain yang berbeda. Susi menjelaskan sudah dari awal RPTRA memiliki tipikal desain yang serupa dengan yang lain, sedangkan TMB akan didesain berbeda-beda.

"Taman-taman kita buat dengan bentuk yang lain, kalau RPTRA kan tipikalnya semua sama standar, kita ingin membuat setiap lokasi taman itu temanya beda-beda sesuai dengan karakterstik dan luasannya," jelasnya.

Susi mencontohkan salah satu TMB yaitu Taman Tebet. Secara lokasi, tentu taman ini jauh lebih luas dan RPTRA dan selain ruang anak nantinya berbagai fasilitas olahraga pun akan disediakan pada taman tersebut.

"Kita akan buatkan taman yang ada fasilitasnya jogging track, sepeda. Bahkan ada taman petualangan taman yang bisa orang outbond sehingga interaksinya lebih atraktif, adventure macam-macam nantinya," tutupnya.

Editor           : Bintang Pradewo
Reporter      : Reyn Gloria

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up