JawaPos Radar | Iklan Jitu

Soal Salam Dua Jari, Anies: Bawaslu Gunakan Akal Sehat

12 Januari 2019, 00:30:59 WIB
Soal Salam Dua Jari, Anies: Bawaslu Gunakan Akal Sehat
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Reyn Gloria/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinyatakan tidak bersalah atas dugaan pelanggaran pemilu. Bawaslu Bogor menyatakan kasus Anies yang mengacungkan dia jari saat acara Gerindra, tidak memenuhi unsur pelanggaran atas yang dilaporkan.

Mantan Menteri Pendidikan itu masalah yang dilaporkan ke Bawaslu oleh sebagian pihak bukan lah hal yang substansial. Anies melihat ke depan pihak Bawaslu harus lebih fokus terhadap sesuatu yang serius untuk ditindaklanjuti.

"Ada banyak hal yang bisa dilaporkan tapi kalau kita merespon pada setiap laporan tanpa memikirkan tentang substansinya, fokus pada hal remeh temeh gimana," ungkapnya di Ecovention Ancol, Jakarta Utara, Jumat (11/1).

Anies pun menceritakan, saat memberikan klarifikasi di Bawaslu, ia sempat memberikan masukan, bahwa sudah seharusnya pemeriksaan menggunakan akal sehat untuk menilai setiap laporan.

"Gunakan akal sehat dalam menilai setiap laporan. Jadi kalau kita menggunakan akal sehat, kewajaran, maka laporan-laporan itu dinilai saja mana yang layak mana yang tidak," tegasnya.

Namun menanggapi laporan yang ada, Anies tidak menyalahkan interpretasi atas salam dua jarinya. Sebab menurutnya semua orang memiliki hak tetapi, Anies meminta Bawaslu ke depan harus lebih cerdas dalam memilah laporan yang ada.

"Saya sampaikan di ruangan itu pada Bawaslu jangan tanya saya tentang apa yang saya katakan. Dengarkan videonya anda nilai sendiri, saya tidak menambah dan mengurangi. Dengarkan anda simpulkan video," tutupnya.

Editor           : Erna Martiyanti
Reporter      : Reyn Gloria

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini