alexametrics

Sejak Akhir 2018, Disdukcapil Malang Keluarkan 95 Ribu Lembar Suket

12 Januari 2019, 16:48:51 WIB

JawaPos.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang mencatat, 95 ribu masyarakat Malang masih belum memiliki e-KTP. Hal itu dikarenakan, karena menipisnya blanko e-KTP yang dimiliki Dispendukcapil Kabupaten Malang.

Sebagai pengganti, puluhan ribu masyarakat tersebut diberikan surat keterangan (suket) pengganti e-KTP.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, Sri Meicharini mengungkapkan, suket tersebut dikeluarkan sejak akhir tahun 2018 hingga Jumat (11/1). Tak hanya untuk pemegang KTP baru, tetapi juga untuk perpanjangan.

“Didalamnya termasuk rekap mulai tahun 2015, 2016, dan 2017. Karena 2018 saya sudah melarang ada perpanjangan,” kata Rini, Sabtu (12/1).

Memasuki momen pergantian akhir tahun, Rini menuturkan bahwa, stok blanko e KTP di kantor kecamatan bahkan sudah habis sama sekali.

Pengajuan penambahan blanko e-KTP katanya, sudah diajukan. Pihaknya hanya akan mendapatkan 1.000 keping blangko saja. “Tapi minggu ini Insha Allah sudah dapat dua ribu lima ratus,” beber Rini.

Berkurangnya suplai blanko e-KTP ini, lanjut Rini, disebabkan karena berapa faktor. Salah satunya pemerataan pembagian blanko di daerah-daerah.

“Blankonya ada tapi terbatas, janjinya (Kemendagri) akan kembali menambah penyaluran blanko diatas tanggal 10 Januari,” beber mantan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) tersebut.

Editor : Budi Warsito

Reporter : Dian Ayu Antika Hapsari



Close Ads
Sejak Akhir 2018, Disdukcapil Malang Keluarkan 95 Ribu Lembar Suket