alexametrics

Sebagian Wilayah Jatim Bercurah Hujan Tinggi

12 Januari 2019, 11:11:53 WIB

JawaPos.com – Beberapa wilayah di Jawa Timur (Jatim) masih kategori sangat pendek dalam peta hari tanpa hujan (HTH). Demikian menurut prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Malang.

Hal ini berdasarkan update peta monitoring HTH yang tersaji dalam peta distribusi curah hujan dasarian I Januari 2019. Serta peta prakiraan curah hujan dasarian II Januari 2019. Sebagai informasi, dasarian merupakan satuan di bidang meteorologi yang artinya 10 hari.

Kepala Stasiun Klimatologi Malang Aminudin Al Roniri menjelaskan, HTH sangat pendek hingga menengah terjadi di sebagian daerah. Yakni, Bondowoso, Madiun, Nganjuk, dan Probolinggo. Ketiganya masuk dalam kriteria menengah.

Sebagian daerah Blitar, Bondowoso, Gresik, Lumajang, Magetan, Malang, Ngawi, Probolinggo, Trenggalek, Sidoarjo, dan Kepulauan Kangean, masuk kriteria pendek. Selanjutnya, distribusi curah hujan dasarian Januari I di sebagian wilayah Jatim diprediksi kurang dari 50 mm.

Curah hujan kurang dari 50 mm terjadi di Jatim bagian Barat, Selatan dan sebagian Madura. “Sebagian besar Gresik, Sidoarjo, Surabaya, dan sebagian Situbondo juga kurang dari 50 mm,” kata Aminudin, Sabtu (12/1).

Kemudian distribusi sifat hujan di Jatim dominan bawah normal. Sedangkan sebagian besar Banyuwangi, Pulau Bawean, Sampang, dan Pulau Kangean, ada dalam kategori atas normal.

Aminudin melanjutkan, prakiraan deterministik curah hujan dasarian II Januari 2019 untuk Jatim pada umumnya berkisar antara 51-200 mm. Curah hujan tinggi, yakni kisaran 151-200 mm, berpotensi terjadi di Mojokerto bagian Selatan dan Malang Raya bagian Utara.

“Prakiraan curah hujan dasarian II Januari 2019 untuk Jatim pada umumnya berkisar 51 mm hingga 150 mm, dengan peluang lebih dari 60 persen,” tegas Aminudin.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Dian Ayu Antika Hapsari



Close Ads
Sebagian Wilayah Jatim Bercurah Hujan Tinggi