alexametrics
Pilpres 2019

Sasar Daerah ‘Merah’, Rachmawati Susul Djoksan ke Jateng

11 Desember 2018, 02:10:27 WIB

JawaPos.com – Setelah Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Djoko Santoso mengumumkan niat kepindahannya ke Kota Solo, kini giliran Rachmawati Soekarnoputri dikabarkan bakal turun langsung ke Jawa Tengah. Wakil Ketua BPN itu infonya bakal menyasar daerah basis yang saat ini masih dikuasai PDIP.

Kabar ini diembuskan oleh Ketua DPD Gerindra Jateng Abdul Wachid. Ia mengatakan bahwa Rachmawati akan turun langsung mengampanyekan Prabowo-Sandi ke Banyumas, Cilacap, Kebumen, Purbalingga, dan Magelang sampai Solo Raya. Titik-titik yang berdasarkan survei internal pihaknya, elektabilitas paslon pilpres nomor urut 02 masih rendah.

Daerah-daerah tersebut, sebagaimana Abdul katakan, selama ini masih berwarna ‘merah’. Banyak dari warganya yang menjunjung tinggi pemikiran sosok Soekarno sebagai tokoh penting bagi PDIP, pengusung utama petahana Pilpres 2019 Joko Widodo. Sehingga menjadi cukup jelas elektabilitas Prabowo-Sandi kecil di sana.

Djoko Santoso
Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Djoko Santoso saat dijumpai usai acara Pembekalan Lintas Ormas, LSM, OKP Profesi, dan relawan Sekber Jateng Direktorat SATGAS (BPN) (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)

“Dan Bu Rachmawati adalah trah Soekarno. Beliau akan memberikan pengarahan kepada warga pencinta Soekarno untuk memilih Prabowo-Sandi,” katanya di Semarang, Senin (10/12).

Rachmawati, lanjut Abdul, bakal berbagi tugas dengan Djoko Santoso. Yang katanya juga akan berkeliling ke daerah-daerah di Jawa Tengah. “Di Semarang sendiri nanti juga bagian yang akan dijangkau oleh Djoko Santoso. Karena beliau kan basisnya meski di Solo, kan dekat dari Semarang, Purwodadi, ke Blora kan lebih mudah karena lebih dekat,” sambungnya.

Secara keseluruhan, elektabilitas Prabowo-Sandi di Jateng kata Abdul masih pada kisaran 39-40 persen. Targetnya, dengan dilakukan upaya macam ini, bisa mencapai 45-47 persen. “Jadi waktu tiga bulan itu harus kita gunakan seefektif mungkin untuk memenangkan suara Prabowo-Sandi,” cetusnya.

Sebelumnya, Ketua BPN Prabowo-Sandi, Djoko Santoso pada Selasa (4/12) lalu di Semarang, juga sudah menyatakan niatannya untuk pindah ke Kota Solo, Jawa Tengah. Upaya itu dilakukannya tak lain guna mengomandoi secara langsung paslon pilpres jagoannya.

Sandi pun sebenarnya juga tak tinggal diam. Sementara Prabowo bergeser di Jawa Timur, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu kabarnya akan bersafari di Magelang dan sekitarnya.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (gul/ce1/JPC)



Close Ads
Sasar Daerah 'Merah', Rachmawati Susul Djoksan ke Jateng