alexametrics

Miris! Petugas Kumpulkan 10 Ribu Liter Sampah Pascabanjir di Malang

11 Desember 2018, 18:34:00 WIB

JawaPos.com – Tumpukan sampah yang menghambat aliran sungai menjadi salah satu penyebab banjir yang melanda Kota Malang, Senin (10/12). Hal itu terbukti saat Tim Unit Reaksi Cepat (URC) mengumpulkan sampah sebanyak 10 meter kubik atau setara 10 ribu liter.

Pascabanjir, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) bersama Tim URC berkolaborasi dengan Satgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang. Mereka melakukan normalisasi saluran air yang ada di Kota Malang, Selasa (11/12).

Fokus normalisasi itu tersebar di beberapa titik, seperti di Jalan Borobudur dan Jalan Candi Mendut. Mirisnya, tumpukan sampah banyak ditemukan di kawasan tersebut. “Faktanya itu yang terlihat dan ditemukan. Sampah membuat arus air terhambat dan meluap ke jalan-jalan,” ujar Kepala DPUPR Kota Malang Hadi Santoso di sela-sela aktivitas normalisasi.

Meskipun pihaknya telah melakukan penanganan dan penataan drainase yang tersistem dengan baik, hal itu tak ada artinya bila masih saja ada perilaku tidak bertanggung jawab dari masyarakat. Dari kegiatan normalisasi ini, pihaknya berhasil mengangkut sampah sebanyak dua truk lebih atau sekitar 10 meter kubik.

Sementara itu Plt Ketua Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kota Malang Handi Priantono mengatakan, cuaca ekstrem kemungkinan masih bisa terjadi. “Curah hujan disertai angin hampir terjadi secara merata di Indonesia, termasuk di Kota Malang. Warga diminta untuk tetap berhati-hati dan memperhatikan serta menjaga lingkungan dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

“Kami imbau setiap lingkungan mencermati saluran dan drainase yang ada, sekecil atau sedikit apa pun sampah jangan dibiarkan masuk selokan,” lanjut Handi.

Tim TRC BPBD telah tersebar di semua lokasi terdampak banjir, Selasa (11/12). “Kemarin (Senin) kami berkolaborasi dengan DLH dan DPUPR untuk melaksanakan pembersihan sekaligus pendataan dan assessment,” katanya.

Pihaknya juga telah melakukan penyedotan air di beberapa titik. Antara lain di SMP Muhammadiyah 6 dan di Rumah Makan Ringin Asri.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (fis/ce1/JPC)



Close Ads
Miris! Petugas Kumpulkan 10 Ribu Liter Sampah Pascabanjir di Malang