alexametrics

Masih 16 Tahun, Pembunuh Sopir Taksi Online Divonis 10 Tahun

11 Desember 2018, 17:03:09 WIB

JawaPos.com – Setelah melalui proses panjang persidangan, FR, 16, salah satu pembunuh sopir taksi online bernama Sofyan, 43, akhirnya divonis. FR yang masih di bawah umur itu divonis sesuai dengan tuntutan jaksa yakni 10 tahun penjara.

Vonis tersebut dibacakan Majelis Hakim yang dipimpin Subur Susatyo dalam sidang yang digelar tertutup di Pengadilan Klas I A Palembang, Selasa (11/12).

Jaksa Penuntut Umum Purnama Sofyan mengatakan, memang sejak awal pihaknya menuntut dengan pasal 340 tentang pembunuhan berencana atau pasal 365 tentang pencurian dengan kekerasan hingga menyebabkan korban mati.

Hakim pun kemudian memutuskan pasal 340 karena berdasarkan fakta persidangan lebih kuat ke pembunuhan berencana baik mulai pemesanan hingga peran masing-masing pelaku. Sehingga, hakim pun menuntut sesuai tuntutan kami dengan pasal 340 juncto 55 ayat 1.

“Tapi, karena mengacu pada UU Perlindungan Anak, jadi hanya dikenakan hukuman penjara maksimal 10 tahun berbeda dengan orang dewasa,” tutupnya.

Penasehat Hukum FR Arizal mengaku pihaknya telah mengajukan pleidoi atau pembelaan kepada hakim. Karena, FR, pada saat kejadian tengah berada di dalam tekanan ketiga rekannya yang sudah dewasa.

Selain itu, tujuan utama FR ini hanya ingin melakukan pencurian saja, bukan melakukan pembunuhan.

“Karena itu kami mengajukan pleidoi dengan pasal 365 pasal 2 yakni pencurian dengan kekerasan,” katanya saat ditemui usai persidangan, Selasa (11/12).

Namun, majelis hakim tetap memberikan vonis berdasarkan pasal 340 tentang pembunuhan berencana. Vonis ini menurutnya cukup tinggi.

Meski begitu, ia pun tetap menerimanya karena berdasarkan UU Perlindungan Anak, pidana yang diberikan hanya 10 tahun berbeda dengan pidana orang dewasa. “Jadi saya sebagai penasihat hukumnya itu menerima saja,” tutupnya.

Untuk diketahui, Sofyan, 43, tewas usai mendapatkan orderan dari empat pelaku dari KM 5 menuju Simpang Bandara SMB II. Sofyan ditemukan dalam kondisi tinggal tulang belulang usai ditangkapnya salah satu tersangka yakni Ridwan. Kemudian, dua tersangka lainnya, FR, 16, dan Acundra, 21, diketahui melarikan diri. Hingga kini, salah satu tersangka Akbar, 31 masih menjadi buronan Polda Sumsel.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ce1/lim/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Masih 16 Tahun, Pembunuh Sopir Taksi Online Divonis 10 Tahun