alexametrics

Lagi, Risma Akan Daftarkan Surabaya ke UNESCO

11 Desember 2018, 05:55:01 WIB

JawaPos.com – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berencana kembali mendaftarkan Surabaya ke UNESCO sebagai kota dengan tata kota terbaik. Yakni pada aspek desain area pejalan kaki atau pedestrian.

Hal itu diungkapkannya sewaktu di Balai Kota Surabaya, Senin (10/12). Risma mengaku ide tersebut terinspirasi dari ajakan seorang anggota UNESCO yang juga seorang profesor asal Universitas Leuven, Belgia. “Ini (Surabaya) juga akan (didaftarkan) ke UNESCO sebagai kota desain. Kami sedang apply itu,” kata Risma.

Risma menceritakan, menurut Guangzhou Award, Surabaya merupakan salah satu dari 3 kota di negara Asia Pasifik yang masuk pada peringkat 15 besar. Para juri pada ajang tersebut menilai Surabaya sebagai kota dengan partisipasi masyarakat tertinggi. 

Ada juga beberapa kota lain di negara-negara Eropa, Amerika Serikat, dan Amerika Selatan. Yakni, New York, Guadalajara, dan Milan. Hampir 80 persen kota pemenang dari negara-negara Eropa. 

“Partisipasi itu peran dari masyarakat. Untuk melakukan apa. Nah, Surabaya mengambil (mengunggulkan) 3R. Reuse, recycle, dan reduce,” kata dia.

Tiap kota tersebut punya kesuksesan yang jadi unggulan terhadap penilaian para juri. Salah satunya, kota Guadelajara di Meksiko. Risma menganggap, apa yang diunggulkan kota tersebut, juga telah diaplikasikan di Surabaya. 

Meski demikian, Risma tidak ingin ada euforia berlebihan atas apa yang telah dicapai pada ajang tersebut. Menurutnya, pencapaian tersebut merupakan dorongan baginya sebagai wali kota agar kerja lebih keras menata Surabaya. 

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (HDR/JPC)



Close Ads
Lagi, Risma Akan Daftarkan Surabaya ke UNESCO