alexametrics

Jadi Tersangka, Sopir Truk Penyebab Laka di Brebes Langsung Ditahan

11 Desember 2018, 15:08:04 WIB

JawaPos.com – Jajaran Kepolisian Resor Brebes menetapkan Wasroni, 35, pengemudi truk penyebab kecelakaan maut di Desa Jatisawit, Bumiayu, Brebes, sebagai tersangka, Selasa (11/12). Warga Karangdawa, Margasari, Kabupaten Tegal itu dianggap lalai memahami kondisi terakhir kendaraannya.

“Sopir sudah kita tetapkan tersangka. Sudah kita tahan langsung tadi,” kata Kasatlantas Polres Brebes AKP Rikha Zulkarnaen, Selasa (11/12).

Penetapan status tersangka kepada sang sopir dilakukan usai pemeriksaan yang dilakukan terhadap yang bersangkutan. Termasuk olah tempat kejadian perkara (TKP) usai terjadinya kecelakaan, Senin (10/12).

Kecelakaan Maut
KECELAKAAN: Situasi pasca kecelakaan di Desa Jatisawit, Kecamatan Bumiayu, Brebes, Senin (10/12). (Istimewa)

“Selain itu kita juga sudah periksa darah, urine, dan lain-lain, negatif semua. Kalau kendaraan, diduga ada kendala pada sistem pengereman, itu dulu,” sambungnya.

Menurut Kasatlantas, sudah seharusnya sopir berhati-hati saat melintasi jalur turunan tersebut. Selain dengan mengerti medan jalanan, juga sebaiknya memahami kondisi kendaraan. “Muatan masih kita periksa, masih kita hitung. Untuk kesesuaian muatannya dengan berat yang diizinkan,” cetusnya.

Akibat perbuatannya, tersangka diancam dengan Undang-Undang Lalu Lintas Angkutan Jalan Pasal 310 Ayat 4 dengan ancaman hukuman paling lama 12 tahun dan/atau denda maksimal Rp 12 juta.

Diberitakan sebelumnya, sebuah kecelakaan lalu lintas melibatkan satu unit truk tronton bernopol B 9370 WYT dan beberapa kendaraan lain di Jalan Raya Bumiayu, Desa Jatisawit, Brebes, Senin (10/12) siang. Kecelakaan terjadi saat truk pengangkut beras itu melaju dari arah selatan atau Sragen, menuju ke Cipanang dengan kecepatan sedang.

Tak lama setelahnya, truk seperti kehilangan kendali. Hingga pada akhirnya menabrak sejumlah kendaraan dan beberapa orang di depannya. Sebelum akhirnya terhenti di depan RSU Siti Aminah Muhammadiyah Bumiayu. Beberapa orang dinyatakan meninggal dan belasan lainnya luka-luka.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (gul/ce1/JPC)



Close Ads
Jadi Tersangka, Sopir Truk Penyebab Laka di Brebes Langsung Ditahan