alexametrics

Desa Wisata di Jogja Hadirkan Pijat dan Spa

11 Desember 2018, 14:48:56 WIB

JawaPos.com – Pengelola desa wisata di Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) berlomba-lomba menarik pengunjung. Terutama saat momen libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Pengelola desa wisata tak sekadar mengandalkan keindahan alam. Lebih dari itu, mereka juga menyediakan berbagai layanan. Seperti pijat dan spa. Tujuannya cuma satu. Yakni membuat wisatawan betah berlama-lama di desa wisata.

“Kami tonjolan desa wisata untuk Natal dan Tahun Baru nanti. Pengelola desa wisata sekarang sudah pintar-pintar. Ada pijat juga,” kata Kepala Dinas Pariwisata DIJ Aris Riyanto, Selasa (11/12).

Bila ingin merasakan sensasi hidup di pedesaan, wisatawan tidak perlu khawatir. Sebab telah banyak tersedia homestay di desa wisata. Pengelola memanfaatkan rumah milik warga untuk menginap bagi wisatawan.

Aris menjelaskan, desa wisata telah tersebar di setiap kabupaten. Baik di Gunungkidul, Kulon Progo, Sleman, dan Bantul. Selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2019, wisatawan yang datang ke DIJ diharapkan meningkat antara 10-15 persen.

“Ada Kebun Teh Nglinggo di Kulon Progo. Kemudian di Sleman ada Tebing Breksi. Untuk Bantul Parangtritis, tetap paling kuat. Kalau Gunungkidul di Nglanggeran salah satunya,” ulasnya.

Terpisah, Bidang Pemasaran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gunung Api Purba Nglanggeran Heru Purwanto mengatakan, pihaknya siap untuk menghadapi wisatawan selama libur Natal dan Tahun Baru 2019. Selama ini, wisatawan yang datang lebih banyak diarahkan untuk berlibur di desa wisata sekitar. Sementara untuk pendakian Gunung Api Purba lebih dikurangi.

“Bisa merasakan bagaimana benar-benar hidup di desa. Dari mulai memasak, tidur, hingga bagaimana menanam padi. Seperti apa yang dilakukan sehari-harinya warga di sini,” ucapnya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (dho/JPC)

Desa Wisata di Jogja Hadirkan Pijat dan Spa