alexametrics

‘Solo Bergerak’, Ratusan Orang Kerja Bakti Bersihkan Pasar Legi

Seluruh Unsur Dilibatkan
11 November 2018, 15:51:28 WIB

JawaPos.com – Lebih dari 9.000 orang ikut dalam kerja bakti membersihkan Pasar Legi pascaterbakar Senin (29/10) lalu. Pembersihan ini dilakukan menyusul akan dirobohkannya pasar peninggalan Mangkunegara I tersebut. Kerja bakti dilakukan Minggu (11/11), mulai pagi sampai dengan pukul 10.00 WIB.

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan, pembersihan atau kerja bakti dilakukan satu hari. Banyak pihak yang dilibatkan dalam kegiatan ini. Mulai dari TNI, Polri, ormas, 51 kelurahan, Sibat, PMI. Selain itu juga melibatkan kelompok sosialita, Gapensi, Rotary, Kadin dan juga relawan lainnya.

“Nanti sampahnya dibersihkan dulu, baru setelah itu akan dirobohkan dulu,” terang Rudy, Minggu (11/11).

Pasar Legi Terbakar
Setelah kerja bakti akan dilakukan tiga kali lelang. Yakni lelang penghapusan aset, lelang perobohan aset dan baru dilakukan lelang untuk pembangunan fisiknya. (Ari Purnomo/JawaPos.com)

Setelah dibersihkan, lanjut Rudy pasar akan dilelang untuk penghapusan asetnya. Baru setelah itu akan dilakukan pembangunan fisik ulang. Dengan banyaknya peserta kerja bakti yang terlibat diharapkan pembersihan Pasar legi setelah terbakar bisa lebih maksimal dan selesai dalam satu hari.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo, Subagiyo menuturkan, setelah kerja bakti akan dilakukan tiga kali lelang. Yakni lelang penghapusan aset, lelang perobohan aset dan baru dilakukan lelang untuk pembangunan fisiknya.

“Iya lelangnya sebanyak tiga kali dari penghapusan aset, perobohan atau lelang fisik lama baru lelang pembangunan,” katanya.

Untuk dua lelang yakni lelang penghapusan dan fisik lama tidak butuh waktu lama. Maksimal dua bulan bisa rampung. Sedangkan untuk lelang pembangunan fisik butuh waktu yang lebih lama. “Karena untuk lelang pembangunan harus ada DED nya dulu baru bisa dilelang,” tandasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)

'Solo Bergerak', Ratusan Orang Kerja Bakti Bersihkan Pasar Legi