alexametrics

Penyu Raksasa Ditemukan di Ciliwung, Anies: Sungai Bukan Aliran Sampah

11 November 2018, 15:46:00 WIB

JawaPos.com – Tak banyak orang yang tahu, mengenai asal usul Hari Ciliwung yang diperingati setiap tanggal 11 November. Padahal tahun ini sudah memasuki tahun ketujuh Hari Ciliwung diperingati.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun menyempatkan hadir dalam peringatan Hari Ciliwung yang diadakan di bantaran Sungai Ciliwung, Condet, Kramatjati, Jakarta Timur. Pada kesempatan ini Anies bercerita bahwa Hari Ciliwung merupakan peringatan ditemukannya seekor penyu raksasa di salah satu sungai di ibu kota itu.

“Dan ini yang ketujuh. Setiap tanggal 11 November (dirayakannya Hari Ciliwung), sejak ditemukannya penyu raksasa 11 November 2011,” kata Anies saat ditemui di Balekambang, Kramatjati, Jakarta Timur, Minggu (11/11).

Dirinya menambahkan, jika temuan seekor penyu raksasa itu merupakan sebuah tanda, jika Sungai Ciliwung merupakan sebuah sungai yang harus dijaga kelestariannya. 

“Itu menandakan, bahwa sungai adalah tempat hidupnya berbagai macam makhluk. Jangan dipandang sebagai tempat aliran sampah, tapi sungai adalah tempat ekosistem keanekaragaman hayati itu bisa tumbuh berkembang,” tambahnya. 

Dalam kesempatan itu, Anies juga mengajak seluruh lapisan masyarakat sekitar, untuk tidak mengotori Sungai Ciliwung dengan sengaja membuang sampah ke sungai. Sehingga bisa tetap menjaga kelestarian sungai.

“Hari ini menjadi kesempatan untuk memperingatkan pada kita semuanya termasuk warga, mari kita jauhi kegiatan membuang sampah di sungai. Jaga agar sungai kita tetap bersih,” tuturnya. 

Anies menyebut kebiasaan membuang sampah ke sungai tidak hanya dilakukan oleh warga Jakarta saja. Melainkan juga warga yang tinggal di alisan sungai mulai dari hulu.

“Dan salah satu tantangan bagi kita di Jakarta ini adalah, menjaga agar bukan hanya warga Jakarta yang membuang sampah. Tapi jangan sampai sampah yang dari luar juga masuk, karena ini dari hulu juga banyak,” jelas Anies. 

Untuk menjaga kelestarian lingkungan, mantan Menteri Pendidikan itu juga melakukan penanaman pohon salak khas Condet secara simbolik di sekitaran Sungai Ciliwung.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (dik/JPC)


Close Ads
Penyu Raksasa Ditemukan di Ciliwung, Anies: Sungai Bukan Aliran Sampah