alexametrics

Incumbent Unggul Sementara, 4 Cakades Walk Out Saat Penghitungan Suara

11 November 2018, 19:00:44 WIB

JawaPos.com – Penghitungan suara Pemilihann Kepala Desas (Pilkades) di Desa Kemiri, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang masih berlangsung. Penghitungan suara digelar sejak pukul 14.30, Minggu (11/11). Hingga berita ini ditulis, penghitungan suara masih berlangsung.

Perolehan dalam penghitungan suara tersebut, Cakades nomor dua, Wijiati terlihat unggul sementara. Cakades incumbent itu, memperoleh sementara waktu memperoleh 686 suara. Diurutan kedua, ada Cakades nomor 1, Suparman yang memperoleh jumlah 384 suara. Kemudian, di tempat ketiga, Cakades nomor urut 3 Yusuf memperoleh 365 suara, diikuti Cakades nomor urut 4, Sutrisno dengan perolehan 177 suara diposisi 4. Sedangkan di posisi 5 ada Cakades nomor urut 3, Ahmad Dakholi dengan perolehan 134.

Belum selesai penghitungan suara di desa ini, namun empat calon kepala desa sudah walk out alias meninggalkan lokasi. Walk out pertama diawali dari Cakades dengan nomor urut 1, Suparman. Kemudian, selang beberapa lama diikuti Cakades nomor urut 4, Sutrisno. Lalu diikuti Cakades nomor 3 dan 5 masing-masing Ahmad Dakholi dan Yusuf juga ikut meninggalkan lokasi penghitungan suara.

Incumbent Unggul Sementara, 4 Cakades Walk Out Saat Penghitungan Suara
Proses penghitungan suara. (Tika Hapsari/JawaPos.com)

Walk out tersebut pun diwarnai teriakan oleh ibu-ibu pendukung Cakades nomor urut 2, Wijiati. Sepanjang proses pemungutan suara, para ibu-ibu yang menunggu di depan pagar karena tidak diizinkan masuk selalu berteriak ‘lanjut’ dan ‘alhamdulillah’, ‘luar biasa’ atau kalimat dukungan lainnya.

Camat Kepanjen Abai Saleh menjelaskan, proses pemungutan dan penghitungan berlangsung lancar. “Lancar, tidak ada ribut,” kata dia, Minggu (11/11).

Namun, ia menjelaskan, beberapa waktu sebelum pencoblosan, wilayahnya digoyang isu. Yakni dugaan perangkat desa yang tidak netral.

Beberapa Cakades melaporkan hal ini kepada panitia dan kecamatan. Kemudian, diturunkan tim untuk menyelidiki hal ini. “Sempat ada isu semacam itu tapi setelah dibuktikan, tidak ada,” tandasnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (tik/JPC)


Close Ads
Incumbent Unggul Sementara, 4 Cakades Walk Out Saat Penghitungan Suara