alexametrics

Anies Sebut Kiriman dari Hulu Buat Ciliwung Meluap Hingga 2 Meter

11 November 2018, 18:06:04 WIB

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Sungai Ciliwung sering kali mendapat kiriman air dari hulu. Hal itu menjadi salah satu penyebab banjir di ibu kota.

Bahkan menurut Anies, jika mendapat kiriman dari hulu luapan Sungai Ciliwung bisa naik hingga 2 meter. Kondisi demikian tak dapat dihindari karena memang Jakarta berada di dataran rendah.

“Setiap tahun muncul aliran air yang banyak sekali dari hulu. Sehingga tempat kita berdiri ini, meluap setiap tahun 2 meter kira-kira,” kata Anies saat menghadiri Hari Ciliwung, di Condet, Jakarta Timur, Minggu (11/11).

Namun khusus di wilayah tersebut luapan air dari Sungai Ciliwung tidak sampai merendam rumah warga. Karena permukiman warga berada jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bibir sungai.

“Ada atau tidak ada banjir, itu akan meluap dua meter. Kenapa, karena ada limpahan air dari hulu. Hanya karena permukaan tanah yang tinggi, sehingga warga tidak merasakan kenaikan air di sini,” jelas mantan Menteri Pendidikan itu.

Kendati demikian, Anies mengaku tetap was-was karena permukiman warga yang di lintasi Sungai Ciliwung tidak hanya di Condet. Menurutnya tetap harus menyelesaikan masalah dari hulu hingga hilir untuk mengatasi luapan air.

“Itu sebabnya jika kami menyelesaikan persoalan banjir, itu juga harus menanganinya di hulu. Meskipun di sini bersih, dan tidak ada apa-apapun tapi naik dua meter airnya begitu musim hujan. Jadi kami harus bereskan di hulu, di tengah, dan di hilir,” terang Anies. 

Selain menjelaskan hal tersebut, Anies mengungkapkan terkait strateginya menghadapi banjir di Ibukota Jakarta, yang saat ini sedang dalam uji coba di beberapa titik di Jakarta. 

“Air yang turun ke Jakarta itu sebisa mungkin kami masukkan ke dalam tanah. Tidak lama lagi kami akan kickoff untuk vertikal drainase, sekarang sedang di uji coba di beberapa titik. Nanti kalau sudah selesai kami akan ceritakan,” ungkapnya.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (dik/JPC)


Close Ads
Anies Sebut Kiriman dari Hulu Buat Ciliwung Meluap Hingga 2 Meter