alexametrics

Maestro Keroncong Akan Diusulkan Sebagai Pahlawan Nasional

11 November 2017, 17:07:28 WIB

JawaPos.com – Maestro keroncong, Gesang Martohartono akan diusulkan mendapatkan gelar sebagai pahlawan nasional. Sebab berkat hasil karyanya, musik keroncong bisa dikenal luas di berbagai penjuru dunia.

“Makanya kita akan mengusulkannya kembali dengan mengumpulkan data dan para ahli agar Mbah Gesang ini bisa dijadikan sebagai pahlawan nasional,” kata Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo kepada JawaPos.com, Sabtu (11/11).

Gesang disebutkan sebagai pahlawan dari bidang seni dan budaya. “Karena pada dasarnya pahlawan ini ada berbagai kategori, seperti pahlawan seni, pahlawan teknologi dan pahlawan lainnya,” terangnya.

Selama ini, jasa Gesang untuk negeri ini sangat besar. Sebuah seni keroncong hadir mewarnai seni di Indonesia, dan ini sangat digemari oleh warga mancanegara. Sampai sekarang pun musik keroncong masih terpelihara dan terjaga.

Salah satu karya Gesang yang paling fenomenal adalah lagu berjudul “Bengawan Solo”. Bahkan tidak sedikit negara yang mengalihbahasakan lagu tersebut.

Sosok seperti itulah yang menurut Rudy termasuk sebagai seorang pahlawan. “Pahlawan itu tidak harus berperang, melestarikan dan menjaga sebuah seni dan budaya juga termasuk seorang pahlawan,” tandasnya.

Rudy sendiri terus berusaha untuk tetap menjaga dan melestarikan musik keroncong. Agar kesenian ini tidak tergerus dengan budaya luar yang masuk ke Indonesia. Beberapa even bertemakan keroncong juga rutin digelar di Kota Solo. Ini menjadi salah satu upaya untuk terus mewariskan budaya dan seni tersebut kepada para generasi penerus bangsa.

Editor : admin

Reporter : (apl/JPC)


Close Ads
Maestro Keroncong Akan Diusulkan Sebagai Pahlawan Nasional