Rumah Warga Bandung Terblokade Tetangganya, Begini Penyebabnya

11/09/2018, 16:15 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Kondisi rumah yang terblokade tetangga di permukiman RT 05 RW 06 Kampung Sukagalih, Desa Pasirjati, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, Jabar. Dok. Pemilik rumah. (Ist for JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Rumah tanpa akses jalan keluar masuk di Bandung sedang menjadi buah bibir di masyarakat. Pasalnya rumah yang berada di tengah-tengah permukiman warga di RT 05 RW 06 Kampung Sukagalih, Desa Pasirjati, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, Jabar ini terblokade bangunan tetangganya sendiri.

Pemilik rumah Eko Purnomo, 37, mengakui tidak memiliki akses masuk maupun keluar rumahnya. Karena samping kanan, kiri, depan, belakang, terhalang bangunan tetangganya. Hal itu sudah terjadi sejak lama.

Dampak dari terblokade rumah peninggalan orang tuanya itu harus ditinggalkan dan sudah bertahun-tahun lamanya. Diketahui sejak 2016 ada seorang pendatang yang membeli tanah di depan dan samping kiri rumah secara bersamaan.

Kondisi rumah yang terblokade tetangga di permukiman RT 05 RW 06 Kampung Sukagalih, Desa Pasirjati, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, Jabar. Dok. Pemilik rumah. (ist/JawaPos.com)

"Saat itu samping kanan dan belakang sudah jadi rumah, sempat ada perundingan antara ketiga belah pihak disaksikan RT dan RW serta orang yang dituakan karena mau diadakan pembangunan," kata Pak Eko kepada JawaPos.com, Bandung, Selasa (11/9).

Dari pertemuan itu tidak ada titik temu akhirnya Eko menyanggupi membeli untuk jalan kepada dua orang tersebut, antara samping kiri dan depan senilai Rp 10 juta. "Tapi keduanya tidak mau dengan alasan tertentu," ungkapnya.

Sebelum dibangun sempat ada tawar-menawar, namun tidak ada titik terang dan akhirnya Eko serta keluarga pasrah halaman depan rumah pun dibangun. Sejak itu keluarganya pun diboyong keluar dari rumah itu. Eko pun masih tinggal mengontrak di sekitar Ujungberung, Bandung. 

(ce1/ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi