JawaPos Radar

Rawan Kecelakaan, Ini Jalur Tengkorak Yang Harus Diwaspadai di Jabar

11/09/2018, 12:55 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Rawan Kecelakaan, Ini Jalur Tengkorak Yang Harus Diwaspadai di Jabar
Bus Pariwisata masuk jurang di Sukabumi, Jawa Barat. (dok Radar Sukabumi/ Jawa Pos Group)
Share this

JawaPos.com - Jawa Barat salah satu wilayah yang masih terdapat jalur-jalur tengkorak atau jalur rawan kecelakaan bagi pengemudi. Seperti halnya beberapa waktu lalu, bus pariwisata terperosok ke dalam jurang di Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang menewaskan 21 korban jiwa dan belasa luka-luka.

Ditlantas Polda Jabar Kombes Pol Prahoro Tri Wahyono menyebutk ada beberapa jalur tengkorak yang harus diwaspadai para pengguna jalan. Terlebih pengemudi yang tidak tahu medan daerah tersebut.

Diantaranya Tanjakan Selarong yakni antara Cianjur-Sukabumi, Gentong Tasikmalaya, Cikijing Majalengka, Cadas Pangeran, Tanjakan Nyalindung Sumedang, dan Tanjakan Wado.

Rawan Kecelakaan, Ini Jalur Tengkorak Yang Harus Diwaspadai di Jabar
Bus pariwisata masuk ke jurang di Sukabumi, Jawa Barat (Dok Radar Sukabumi/ Jawa Pos Group)

Walaupun dianggap rawan, bukan berarti jalur tersebut dilarang untuk dilewati pengemudi terlebih kendaraan besar seperti bus yang membawa muatan banyak. Namun, kendaraan dipastikan dalam kondisi laik jalan.

"Bus boleh lewat dengan catatan kondisinya harus 100 persen laik jalan. Sopir familiar dengan daerah dimaksud berkaitan dengan topografi kontur jalan," kata Prahoro kepada JawaPos.com, Selasa (11/9).

Adapun topografi kontur jalan diantaranya Black Spot, ada juga kelas Jalan yakni yang boleh dan tidak boleh dilewati bus atau kendaraan dengan beban muatan berlebih. Dalam hal ini, jalur tengkorak bisa diantisipasi dengan mengikuti aturan pihak terkait. 

(ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up